Pameran Lukisan Pasar Kalbar Skip to main content

Pameran Lukisan Pasar Kalbar

Cerita di Pasar Pagi Karya Bani hidayat

Borneo Metamorfosa di PASAR KALBAR

Borneo Metamorfosa adalah salah satu kegiatan pameran lukisan yang rutin dilaksanakan tiap tahun. Pada tahun ini sudah terlaksana pameran yang ke 2. Pameran lukisan ini dilaksanakan independen untuk menjaring minat dan bakat perupa Kalimantan Barat yang giat berkarya sampai sekarang. Selain itu, Pameran Borneo Metamorfosa adalah wadah seniman untuk berapresiasi dan memberikan ilmunya untuk masyarakat luas di Kalimantan Barat. Inilah bakti seniman untuk masyarakat.

Pameran lukisan Borneo Metamorfosa kali ini mengambil tema “PASAR KALBAR”, yaitu lukisan yang bercerita tentang hiruk pikuk, interaksi sosial, dan suasana pasar yang tersebar di seluruh Kalimantan Barat. Sekilas tema ini terbilang sangat sederhana, namun dibalik semua itu terdapat kerumitan konsep visual karya yang harus diangkat seniman ke dalam karya. Secara garis besar, tema “PASAR KALBAR” menggambarkan warna warni dalam berbagai fenomena pasar, terutama interaksi manusia yang ada dipasar itu sendiri.

Pameran Pasar Kalbar diikuti oleh peserta secara umum tanpa jenjang umur dan pendidikan se Kalimantan Barat. Semua peserta sudah melalui seleksi karya yang mengacu pada penilaian konsep dan visual karya, sehingga karya yang ditampilkan adalah lukisan pilihan yang benar-benar bernilai dari aspek estetis maupun dari sisi pendidikan. Seleksi karya dilakukan oleh perupa Kalbar dan Praktisi Seni Rupa dari luar Kalbar yang dianggap ahli dan layak sesuai bidangnya.

Pameran lukisan pasar kalbar 2023

Pameran Lukisan dilaksanakan di Rumah Cagar Budaya No. 100 Kampung Wisata Caping Gg. Hj. Salmah Jalan Imam Bonjol Pontianak dari tanggal 11 sampai 15 Oktober 2023. Pelaksanaan ini dilaksanakan secara independen oleh Perupa Kalbar sebagai wadah apresiasi dan pembelajaran seni rupa daerah kepada masyarakat. Selain itu pameran lukisan ini masuk dalam agenda kegiatan Festival Kampung Caping yang diadakan setiap tahun dengan melibatkan puluhan komunitas dan ratusan praktisi seni se Kalimantan Barat. Semua akses kunjungan dan pelatihan terbuka untuk umum dan gratis.

Pameran Lukisan Pasar Kalbar bertujuan Menciptakan ruang kreatif  bagi perupa dan masyarakat untuk mengembangkan kemampuan dibidang seni rupa yang mana masyarakat dapat belajar langsung tentang seni rupa Kalimantan Barat.

Kegiatan pameran lukisan "PASAR KALBAR", termasuk dalam kegiatan WISATA KAMPUNG CAPING. Kegiatan ini digabung dengan berbagai pelatiahan dari seni rupa, seni pertunjukan, dan seni media rekam. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 11-15 Oktober 2023 berpusat di Rumah Cagar Budaya Kampung Caping No. 100 Pontianak. Kegiatan dilaksanakan dari pagi jam 8 pagi sampai jam 22.30 malam secara estafet dan berbagai jenis kegiatan.


Mau beli alat musik Kalimantan?
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
Hubungi Admin: 0811 5686 886.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar