Pameran Drawing Nafas Kapuas Skip to main content

Pameran Drawing Nafas Kapuas

 MENGGAMBAR KALBAR #2

PAMERAN DRAWING PERUPA SE KALIMANTAN BARAT “NAFAS KAPUAS”

Gambaran Umum

Menggambar Kalbar adalah event terbesar seni rupa Kalimantan Barat yang diselenggarakan pada bulan mei tiap tahun. Kegiatan Menggambar Kalbar ini tergabung dalam Forum Drawing Indonesia yang juga serentak melaksanakan kegiatan pameran drawing di seluruh Indonesia dengan melibatkan 250 lebih komunitas. 

Download Juknis di Bagian Bawah

Kegiatan Menggambar Kalbar tidak hanya pameran, namun ada juga kegiatan pendukung, seperti On The Spot (menggambar di tempat dengan melihat objek langsung), Workshop menggambar untuk pelajar dan umum, Dialog perkembangan seni rupa daerah, Bazar seni rupa, dan Atraksi kesenian lainnya.

Pameran drawing nafas kapuas 2023
Pameran drawing NAFAS KAPUAS 2023

Pameran drawing dan aksi seni rupa untuk masyarakat akan digelar tanggal 23 sampai 28 Mei 2023 bertempat di Rumah Cagar Budaya (Kampung Caping) Jl. Imam Bonjol Gg. Hj. Salmah No. 100 Pontianak. 

Penjelasan Drawing

Drawing adalah salah satu cabang seni rupa yang dalam pengkaryaan lebih mengutamakan garis sebagai pembentuk objek utama, termasuk pula pada ornamentasi atau penghias objek utama tersebut, baik itu sebagai latar belakang maupun sebagai objek tambahan dalam suatu karya.

Unsur garis boleh saja dibuat bebas dengan Teknik tertentu termasuk juga memberi warna dalam karya dengan menggunakan Teknik garis. Artinya karya bukan hanya hitam putih, namun boleh berwarna dengan penerapan garis dalam pewarnaan tersebut.

Tema

Tema pameran drawing MENGGAMBAR KALBAR #2 adalah “NAFAS KAPUAS” yaitu cerita tentang kehidupan masyarakat pinggiran Sungai Kapuas. Karya bisa saja mengambilan latar belakang sosial dan budaya masyarakat, baik itu tentang kegiatan atau aktifitas keseharian masyarakat, upacara ritual, maupun cerita masyarakat yang berhubungan dengan Sungai Kapuas.

Artinya seniman bebas saja membuat karya yang berkaitan dengan Sungai Kapuas, namun masih dalam koridor drawing (mengutamakan garis), bukan lukisan atau karya sejenis lainnya.

Juknis Kegiatan Menggambar Kalbar #2

  • Pendaftaran pameran drawing terbuka untuk umum mulai tanggal 1 Mei sampai
  • tanggal 19 Mei 2023 dengan mengisi form pendaftaran pada link berikut.

  • Peserta hanya mengikutkan 1 karya terbaru atau paling lama karya 2 tahun terakhir dengan ukuran minimal A3 dan maksimal 60x80cm
  • Karya dapat berupa drawing dan grafis atau digital printing dengan ketentuan penggunaan serta pengayaan unsur garis dalam karya.
  • Karya harus siap display atau sudah dibingkai oleh peserta masing-masing (untuk karya menggunakan kertas), terkecuali karya yang menggunakan canvas (boleh dibingkai boleh tidak).
  • Pengumpulan karya maksimal tanggal 20 sampai 21 Mei 2023 Jam 16.00 Wib untuk peserta diluar Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya dengan menghubungi nomor kontak sebagai berikut
    • Rudiansyah : 0855 5000 0868
    • Puji Rahayu, S.Sn. : 0811 5686 866
  • Pengumpulan karya peserta dari Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya diantar langsung ke lokasi pameran dengan alamat Rumah Cagar Budaya (Kampung Caping) Jl. Imam Bonjol Gg. Hj. Salmah No. 100 pada tanggal yang sudah ditentukan.
  • Peserta dikenakan biaya administrasi pameran sebesar Rp. 100.000,- rupiah perorang.

Tambahan

Panitia membuka donasi secara suka rela untuk semua peserta dan umum (bukan peserta) diluar biaya pendaftaran. Silahkan salurkan donasi anda dengan mentransfer ke rekening BRI 304701047941531 an Puji Rahayu. Silahkan kirim bukti transfer ke nomor 0811 5686 866 – Puji Rahayu, S.Sn.

Mau beli alat musik Kalimantan?
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
Hubungi Admin: 0898 8566 886.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar