Jual alat musik Dayak -->> Lihat Produk!

Mengenal Danau Sentarum Lebih Dekat 1

Dibalik Keindahan Danau Sentarum Kalbar
Melihat Danau Sentarum Lebih Dekat

 1. Danau Sentarum

Salah satu obyek wisata di Kalimantan Barat. Danau Sentarum disebut sebagai danau musiman. Danau Sentarum juga terkenal sebagai surga flora dan fauna. Lokasinya berada di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Rujukan rimbakita.com, sumber tulisan utamanya ada pada link berikut klik disini

Danau Sentarum berbeda dengan danau pada umumnya. Disebut sebagai danau musiman karena hanya dipenuhi air selama 10 bulan setiap tahunnya. Selama dua bulan, danau ini akan surut dan membentuk kolam-kolam kecil. 

Pada tahun 1994, Suaka Margasatwa Danau Sentarum secara resmi ditetapkan sebagai situs Ramsar atau Ramsar List of Wetlands of International Importance yang kedua di Indonesia, karena Danau Sentarum adalah salah satu wakil dari daerah lahan basah atau hamparan banjir atau lebak lubung yang bermanfaat penting bagi keseimbangan bumi.

Pada tahun 1996, luas kawasan ini ditambah menjadi 132.000 ha dengan menyertakan beberapa bukit di sekitarnya. Kawasan ini berubah menjadi Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan No. 34/KptsII/1999 tanggal 4 Februari 1999 dengan luas zona inti 132.000 ha dan zona penyangga yang belum didefinisikan secara resmi.

Melihat Danau Sentarum Lebih Dekat

TNDS termasuk ke dalam inisiasi Heart of Borneo (HoB) yang dideklarasikan pada tahun 2007. HoB merupakan inisiatif dari tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam untuk mengelola kawasan hutan tropis dataran tinggi di Borneo dengan berdasar pada prinsip konservasi dan pembangunan berkelanjutan.

Pengukuhan TN Danau Sentarum menjadi cagar biosfer baru dilakukan bersamaan dengan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) dengan nama Cagar Biosfer Betung Kerihun Danau Sentarum Kapuas Hulu yang dilaksanakan tanggal 25 Juli 2018 pada sidang ke-30 International Coordinating Council (ICC) Man and Biosphere (MAB) UNESCO di Palembang.

2. Letak dan Topografi

Secara geografis Taman Nasional Danau Sentarum terletak di antara 00°45’ – 01°02’ Lintang Utara dan 111°55’ – 112°26’ Bujur Timur. Sedangkan secara administratif meliputi kabupaten Kapuas Hulu, provinsi Kalimantan Barat.

Jarak taman nasional dari kota terbesar di Kalimantan Barat, yaitu Pontianak adalah 700 km. Taman Nasional Danau Sentarum wilayahnya meliputi 7 kecamatan, yaitu Batang Lupar, Badau, Embau, Bunut Hilir, Suhaid, Selimbau, dan Semitau.

Melihat Danau Sentarum Lebih Dekat
Sumber foto: Wikimedia Commons

Bentuk topografinya mulai dari datar, bergelombang, sampai berbukit. Sebagian besar terletak di cekungan datar atau lebak lebuh, serta daerah hamparan banjir yang dikelilingi oleh pegunungan, seperti Pegunungan Lanjak di sebelah Utara, Pegunungan Muller di Timur, Dataran Tinggi Madi di Selatan, dan Pegunungan Kelingkang di sebelah Barat.

Kawasan Danau Sentarum secara alami menjadi daerah tangkapan air yang berasal dari pegunungan di sekitarnya dan air yang berasal dari luapan Sungai Kapuas. Oleh karena itu, kawasan TNDS memiliki fungsi tata air yang sangat penting bagi kawasan disekitarnya.

3. Iklim dan Hidrologi

Kondisi iklim di kawasan TNDS masuk dalam kategori basah dan lembab (ever-wet-climate) yang mendukung perkembangan keanekaragaman hayati. Sekitar 9 sampai 10 bulan tiap tahun kawasan dataran rendah yang membentuk cekungan atau lebak lebung terendam air dengan kedalaman 6 sampai 14 meter. 

Melihat Danau Sentarum Lebih Dekat

Susm musim kemarau sebagian besar kawasan Danau Sentarum menjadi danau kering dan hanya sedikit bagian danau terisi air. Selain itu, TNDS juga menjadi daerah tadah hujan bagi Sungai Kapuas. Beberapa sungai lain yang menopang Danau Sentarum yaitu Sungai Tawang dan Sungai Leboyan.

4. Geologi dan Tanah

Wilayah TN Danau Sentarum didominasi oleh pasir halus, gambut, dan sedimen kuarter tanah liat. Ada juga singkapan batuan di rawa-rawa, formasi tersier batu pasir arkosic outcroppings. Tanah berpasir diketahui kurang subur dan miskin nutrisi. Adapun tanah di kawasan ini mulai dari bertekstur liat sampai lempung berliat.

Bersambung ke bagian 2


Mau beli alat musik Kalimantan?

LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
LIHAT ALAT MUSIK MELAYU
Hubungi Admin: 0898 8566 886.

About the Author

Saya Ferdinan, S.Sn. dipanggil Mbah Dinan. Saya komposer dan peneliti independen budaya musik Dayak kalimantan Barat. Bekerja di Taman Budaya Kalbar dan masih aktif memberi pelatihan seni musik pada komunitas dan instansi pemerintah di Kalimatan Bar…

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.