Burung Enggang Mana Maskot Kalbar Skip to main content

Burung Enggang Mana Maskot Kalbar

Burung Enggang Mana Maskot Kalbar

Burung Enggang Gading

Burung Enggang Gading adalah burung perkasa sebagai lambang penguasa dunia atas dalam kepercayaan masyarakat Dayak Kanayatn Kalimantan Barat. Burung Enggang Gading Kalimantan merupakan jenis rangkong terbesar dari 14 spesies yang terdapat di Indoensia, baik ukuran paruh, kepala, tanduk yang menutupi bagian dahinya, termasuk ukuran badannya.

Burung Enggang Gading Kalimantan pada usia muda mempunyai paruh dan mahkota berwarna putih. Semakin tua, paruh dan mahkotanya berubah menjadi warna oranye cerah kemerahan. Hal ini karena burung enggang borneo sering menggesekkan paruh pada kelenjar penghasil warna oranye kemerahan yang terdapat dibawah ekornya. Burung enggang menyukai daun Ara sebagai makanan favoritnya, dia juga memakan serangga dan binatang kecil lainnya.

Burung Enggang Gading Maskot Kalbar

Kebanyakan orang salah persepsi mengenai burung Enggang Mana yang menjadi maskot Kalbar. Hal ini karena populernya gambar burung Enggang Badak yang dipakai sebagai gambar, logo, bahkan terpahat megah di beberapa bangunan pemerintah Kalimantan Barat. Akhirnya menyebabkan masyarakat hanya mengetahui bahwa Burung Enggang Badak itulah yang menjadi maskot Kalbar. Padahal maskot Kalbar sesungguhnya adalah Burung Enggang Gading, bukan burung Enggang Badak seperti umumnya difahami orang banyak.

Burung Enggang Mana Maskot Kalbar

Keputusan Burung Enggang Gading dipilih menjadi mascot Kalimantan Barat Berdasarkan (ref: rangkong.org) pada Peraturan:
  1. SK Mendagri No. 48 tahun 1989 tanggal 1 September tentang pedoman penetapan identitas flora dan fauna daerah
  2. Surat Edaran Dirjen Bangda Depdagri No. 660.1 / 2586 / Bangda tanggal 1 November 1989 tentang identitas flora & fauna daerah
  3. Surat Edaran Mendagri No. 522.5 / 1458 / SJ tanggal 2 Juni 1990 tentang penetapan identifikasi flora dan fauna daerah
  4. Keputusan Gubernur KDH Kalbar No 257 Tahun 1990 tanggal 6 Juli 1990 tentang penetapan identitas flora & fauna daerah Kalbar
Pemilihan Burung Enggang Gading sebagai maskot Kalbar di dasarkan pada beberapa filosofi yang berkaitan dengan pandangan hidup masyarakat Dayak Kalimantan Barat. Enggang Gading memiliki nilai-nilai yang bisa menjadi teladan dalam berkehidupan. Beberapa filosofi  yang dimiliki kemudian dijabarkan oleh salah seorang penggagas maskot Kalimantan Barat, Budi Suriansyah (ref: rangkong.org), diantaranya:
  1. Enggang Gading hanya hinggap di tempat tinggi seperti pohon tertinggi yang ada di ujung bukit, yang diartikan sebagai sifat keluhuran dan berjiwa kepemimpinan
  2. Enggang gading hanya setia pada satu pasangan melambangkan sifat loyal dan tanggung jawab
  3. Suara Caling Enggang Gading melengking keras melambangkan ketegasan, keberanian dan berbudi luhur
  4. Bentang sayap Enggang Gading yang lebar melambangkan sifat menaungi, memiliki kekuasaan dan kekuatan
  5. Ekor Enggang Gading yang panjang dan menjuntai melambangkan kemakmuran
  6. Enggang Gading tidak mencari makan di tanah melambang kan kesucian dan tidak serakah
Burung dengan balung panjang ini namanya Enggang Badak (Buceros rhinoceros) yang merupakan saudara dari Enggang Gading (Rhinoplax vigil). Dua jenis Enggang ini hidup berdampingan di Kalimantan Barat. Maskot Kalbar sebenarnya adalah Burung Enggang Gading, bukan Enggang Badak. Lebih Jelasnya lihat gambar Maskot Kalbar di bawah ini.

Burung Enggang Mana Maskot Kalbar

Setelah mengamati maskot Kalbar di atas, kita mengetahui bahwa ciri utamanya adalah pada balung (yang sering disebut tandung oleh masyarakat umum) dan pada ekor tengah yang memanjang. Sekarang kita bandingkan dengan gambar di bawah ini.
Burung Enggang Mana Maskot Kalbar
Banyak orang menganggap bahwa Enggang sebagai Maskot Kalbar itu Enggang sebelah kiri gambar di atas. Padahal yang benar adalah Enggang sebelah kanan pada gambar di atas. Dengan mengamati kembali gambar Enggang Gading sebenarnya, maka kita mengetahui mana Enggang Gading sebagai Maskot Kalbar dan mana Enggang Badak yang bukan Maskot Kalbar.
Perhatikan dan bandingkan bagian balung serta ekor Enggang Badak dengan Enggang Gading. Sudah tau bukan mana yang gambar yang dimaksud oleh Maskot Kalbar. Memang sebagian masyarakat tidak mengetahui perbedaan ini secara pasti. Kebanyakan mereka main pukul rata menganggap Enggang Badak dan Enggang Gading adalah sama. Padahal Enggang Gading dan Enggang Badak itu berbeda walau masih saudara.
Burung Enggang Mana Maskot Kalbar
Tulisan ini tidak bermaksud menyalahkan siapapun, namun hanya memberikan informasi yang benar mengenai Enggang Gading sebagai Maskot Kalbar. Artikel selanjutnya in sya Allah saya akan tulis siapa perancang gambar burung Enggang Gading sebagai Maskot Kalbar. Semoga bermanfaat dan salam budaya.

sumber foto : wikipedia | Baka Neko Baka
Mau beli alat musik Dayak Kalimantan?
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
Hubungi Admin: 0811 5686 886.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar