Spot Indah Danau Sentarum yang Jarang dilihat Wisatawan Skip to main content

Spot Indah Danau Sentarum yang Jarang dilihat Wisatawan

Spot Indah Danau Sentarum

Spot Indah Danau Sentarum

Danau Sentarum merupakan danau terunik di Indonesia yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Danau Sentarum ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1999. Sebelumnya, Taman Nasional Danau Sentarum berstatus cagar alam (1981/1982) dan suaka margasatwa (sejak 1983). Kawasan danau ini sejak 1994 dimasukkan dalam daftar lahan basah terpenting di dunia.

Selain memiliki keindahan yang tidak didapat didanau lain, danau ini juga menyimpan keunikan tersendiri. Hamparan air yang luas dan tenang diapit beberapa bukit yang seakan tersenyum manis kepada kita. Disitulah kita bisa merasa nyaman dan akrab bersama alam. Baru sadar kan bro kalau alam itu penting untuk dijaga. Dia sahabat yang selama ini kita lupakan.

Waktu tempuh ke Danau Sentarum kurang lebih 20 jam melalui darat dan sekitar 90 menit menggunakan pesawat. Memang perjalanan akan panjang bila ditempuh menggunakan kendaraan bermotor, tapi akan tergantikan dengan keindahan pemandangan disana.

Spot Indah Danau Sentarum

Keheningan Danau Sentarum

Kalau ketemu momennya, hari lagi cerah, hati juga cerah, awan aja bisa jadi indah. Makanya kalau ke danau sentarum sewa perahu dan jalan-jalan ke tengah danaunya. Di sana anda sudah ditunggu suasana lapang pada hamparan air tenang.

Spot Indah Danau Sentarum

Suasana senja danau sentarum dengan pemandangan awan menari. Jarang-jarang ente lihat yang kayak gini. Kalau di kota atau dilangit kampung sih kayaknya biasa ya. Pasti akan beda kalau di danau sentarum. Jangan khawatir airnya cuma kisaran 8 meter kok gan.

Spot Indah Danau Sentarum

Ada pulaunya juga, pulau melayu namanya. Anda bisa singgah disana beristirahat atau mandi disana dengan kesegaran danau sentarum dan dijamin tidak dalam gan. Ada vilanya juga lho. Walau apa adanya yang jelas gratis. Masih suka sama yang graisan bukan? kalau begitu sama dengan saya.

Spot Indah Danau Sentarum

Di Danau Sentarum sewa perahu buat jalan-jalan sekalian mancing kayak si tuan ini. Mancing dengan cara tradisional disela-sela pohon kayu pasti seru. Apalagi kalau kamu bawa si itu tuh... pasanganlah. Tapi jangan tukang perahu itu ya dijadikan pasangan. Harga sewa perahu tergantung kecanggihan anda merayu tukang perahu? huhuhuuuuuu....

Spot Indah Danau Sentarum

Jangan lupa susuri juga belantara pohon kayu yang tumbuh di atas danau sentarum. Biar kayak petuangan difilm-film. Masih banyak spot unik di dalamnya. Seperti di planet mana gitu...heee. Yang jelas seperti di danau sentarum bos.

Spot Indah Danau Sentarum

Ini juga spot mancing yang bagus danau sentarum, lumayan banyak ikannya. Trus pemandangan sekitarnya bisa bikin kamu melihat beberapa satwa disana. Kalau lagi mujur bisa ketemu sama orang utan. Jangan lupa bawa pulpen, sapa tau orang utannya minta tanda tangan sama anda.

Spot Indah Danau Sentarum

Agak sorean dikit anda bisa ketemu dengan bangau danau sentarum. Lumayan banyak gan, tapi ini menunggu musimnya juga, kalau gak musim bangaunya gak ada. Yang jelas bukan musim nongkrong karena gak ada hubungannya.

Spot Indah Danau Sentarum

Mengarah ke desa lanjak di danau sentarum anda akan ketemu dengan beberapa rumah penduduk. Bisa juga sewa kapal bandong untuk menjelajahi danau sentarum bersama rombongan. Penduduknya bukan hanya ramah, tapi ramah banget. Oh ya, ada rumah lantingnya juga lho, yaitu rumah yang ditopang batang pohon besar dipinggir sungai. Info lengkap datang langsung aja.

Spot Indah Danau Sentarum

Ini bukan kapal rusak, tapi lagi di dok atau masuk masa perawatan. Jadi bukan hanya perawatan kulit aja kayak orang-orang kota, di danau sentarum kapal ada juga perawatan kapal. Bentuknya kayak rumah ya gan kalau ngapung.

Spot Indah Danau Sentarum

Tuh kalau dilihat dari kampung (maaf lupa nama kampungnya). Danau sentarum yang banyak airnya dengan hamparan hutan kecil yang menawan, seakan mengajak kita bertualang kayak di... di danau sentarumlah gan. Itu kalau lagi banyak airnya. Kalau pas puncak musim kemarau akan jadi seperti ini.

Spot Indah Danau Sentarum

Nih ini pemandangan danau sentarum kalau musim kemarau. Danau sentarum yang dekat hutan kecilnya menjadi hamparan pasir dan rumput kecil disertai beberapa genangan air yang ada ikannya. Bisa dijelajah dengan jalan kaki atau naik motor.

Spot Indah Danau Sentarum

Kalau dibagian tengah danau sentarum begini ini pemandangannya kalau pas puncak musim kemarau. Ente bisa jalan kaki atau naik motor. Kayak digurun pasir kan gan?. Danau sentarum dipenuhi air selama 10 bulan setiap tahunnya, pas kemarau akan surut. Mau banyak airnya atau kering, tetap aja danau sentarum itu unik dengan misteri keindahan tersendiri.

Spot Indah Danau Sentarum

Gak nyangka kan kalau musim kemarau danau sentarum jadi seperti ini. Kayak gurun sahara kan gan? kalau gak mirip,... ya dimirip-mirip kan aja ya. heee...

Bukannya mau membanggakan danau sentarum, tapi yang jelas gak ada tempat menarik dan seunik danau sentarum. Gak percaya? makanya datang ke danau sentarum dan buktikan keunikan dan keindahannya. Saya tunggu kedatangan anda di danau sentarum, saya tantang anda bertualang disana. Pamit dulu gan... saya tunggu anda dengan segelas kopi.

Sumber foto Ibnu Abdillah - Wisata Pontianak - Beautiful National Park Indonesia - Tuah Botanical
Mau beli alat musik Kalimantan?
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
Hubungi Admin: 0898 8566 886.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar