Jual alat musik Dayak -->> Lihat Produk!

Ayo Daftar Jadi Anggota LMK

Lembaga Manajemen Kolektif Musik Tradisi Nusantara

LEMBAGA MANAJEMEN KOLEKTIF MUSIK TRADISI NUSANTARA

LATAR BELAKANG

Berawal dari Kongres Nasional Musik Tradisi Indonesia yang dilaksanakan pada tahun 2020 selama lebih kurang 10 hari secara daring dan diikuti oleh lebih dari 500 pegiat music tradisi. Nusantara di seluruh Indonesia yang menghasilkan 10 poin rekomendasi, diantaranya adalah mengenai muatan local (mulok) pada pendidikan di sekolah yang melibatkan para seniman music tradisi Nusantara supaya seiring dengan tradisi local daerah masing-masing.

Selain itu juga pembentukan Lembaga Manajemen Kolektif yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengelola & mendistribusikan Performing Royalty  milik para pencipta lagu, produser dan para pemain music tradisi Nusantara.

LMK music tradisi ini diinisiasi oleh Yayasan Kokarindo yang terdiri dari Gilang Ramadhan, Embie C. Noor, Jabatin Bangun, Suhendi Afriyanto dan Bens Leo (alm) dengan dukungan penuh dari pemerintah RI dalam hal ini adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Saat ini, ketiga LMK music tradisi ini sudah memiliki Akte Notaris dan SK pengesahan dari Kemenkumham dan sekarang sedang mengajukan Ijin Operasional dari Kemenkumham.

Lembaga Manajemen Kolektif Musik Tradisi Nusantara

Apa yang Didapat dengan menjadi anggota LMK?

  • Pengakuan moral terhadap karya yang kita buat. 
  • Pendataan karya.
  • Perlindungan karya.
  • Mendapatkan nilai ekonomi dari Performing Royalty karya. 

Definisi Agregator :

  • Pihak perantara pemusik dengan platform musik digital (sumber: help.netrilis.com)
  • Pihak yang mendistribuskan musik dalam format digital.

Definisi Lembaga Manajemen Kolektif (LMK):

Menurut  Pasal  1  angka  (22)  UU  No.  28  Tahun  2014  tentang  Hak  Cipta,  Lembaga Manajemen Kolektif adalah institusi yang berbentuk Badan Hukum Nirlaba yang diberi kuasa oleh pencipta, pemegang hak cipta, dan/atau pemilik hak terkait guna mengelola hak  ekonomi  mereka  dalam  bentuk  menghimpun  dan  mendistribusikan  performing royalty.

Definisi Musik Tradisional :

Musik yang hidup di masyarakat tertentu secara turun-menurun. Musik tradisional yang terdapat pada masyarakat tertentu, seringkali digunakan dalam kaitannya dengan upacara adat atau ritus tertentu (sumber : KBBI) 

Definisi Publisher:

Menerbitkan komposisi musik yang  bertanggung jawab dan memastikan  pencipta lagu dan komposer menerima hak atas komposisi musik mereka yang digunakan secara komersial  (sumber: Wikipedia).  Ketika  hak cipta telah dilindungi secara legal, publisher/penerbit musik kemudian mulai berperan dalam   pengelolaan kekayaan intelektual para komposer.

Definisi Royalti :

Uang  jasa  yang  dibayarkan  oleh  orang  (perusahaan)  atas  barang  yang  diproduksinya kepada orang (perusahaan) yang mempunyai hak paten atas barang tersebut. (sumber KBBI). Mengapa harus menjadi anggota LMK music tradisi? Karya  cipta  kita  dapat  disiarkan  dan  didengar  oleh masyarakat luas dengan lebih bertanggung-jawab. 

Para  pegiat  musik  tradisiNusantara  dapat  menikmati hak ekonomi dari karya cipta mereka. Memperluas jaringan   karena Yayasan Kokarindo akan memfasilitasi  karya-karya para pegiat  music  tradisi untuk dipublikasi  melalui  bekerja-sama  dengan beberapa  Aggregator dan Publisher yang memiliki komitmen yang sama terhadap musik tradisi. Ekosistem  musik  tradisi  akan  terbentuk  mulai  dari tingkat daerah hingga ke tingkat nasional. 

Penutup

Memang tidak mudah bagi kita semua untuk mencapai tujuan ini, tetapi ketiga LMK music tradisi bersama para pegiat musik tradisi Nusantara yang menjadi anggotanya akan memulai ini semua  untuk meningkatkan kesejahteraan kita sendiri, para pegiat musik tradisi Nusantara dimasa depan.

Mungkin kita belum bisa menikmati nilai ekonomi dari karya kita   dalam waktu dekat, tetapi  tentunya  dengan  partisipasi  kita  semua  untuk  menjadi  anggota,  dengan  rasa memiliki  yang  besar  terhadap  LMK  music  tradisi  sebagai  rumah  baru  kita,  maka kedepannya tentu akan kita rasakan manfaat hak-hak ekonomi yang kita miliki dari hasil karya cipta kita, pengakuan moral dan perlindungan karya-karya kita.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita bangun rumah kita sendiri dengan  segera  mendaftar  menjadi anggota  LMK  music tradisi Nusantara.




Mau beli alat musik Dayak Kalimantan?

LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
Hubungi Admin: 0811 5686 886.

About the Author

Saya Ferdinan, S.Sn. dipanggil Mbah Dinan. Saya komposer dan peneliti independen budaya musik Dayak kalimantan Barat. Bekerja di Taman Budaya Kalbar dan masih aktif memberi pelatihan seni musik pada komunitas dan instansi pemerintah di Kalimatan Bar…

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.