Jual alat musik Dayak -->> Lihat Produk!

Modal utama bisnis online itu bukan duit

Memulai bisnis online itu mudah dan tidak perlu modal.
Modal utama bisnis online

Membangun Bisnis Online

Bisnis online memang menggiurkan dan besar kemungkinan menguntungkan. Jika ada kegagalan yang sering dibicarakan orang, menurut pengamatan saya itu hanya tidak tepatnya penjual online mengadakan perhitungan, baik dari minat pembeli, permainan harga modal dan jual, dan cara promosi yang kurang tepat alias tidak efektif. Jka ada penjual online rugi, itu karena penjualnya malas kerja saja, karena selama kamu mau bekerja, maka hasil akan kamu dapat. Masalah besaran hasil itu tergantung strategi kerja yang kamu lakukan.

Bisnis online itu dibilang banyak orang susah dan ribet. Menurut saya tidak juga. Anggapan susah itu karena pikiran anda yang mengatakan kalau hal baru yang akan dilakukan susah. Akhirnya suatu yang belum tentu susah akan menjadi susah beneran. Maka dari itu untuk memulai bisnis online, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah, merubah cara berpikir anda. Bentuk pola pikir anda agar ingin maju dan mau bekerja untuk mencapai keberhasilan. Yakin saja kalau bisnis anda akan berhasil.

Jika anda tidak yakin dengan apa yang saya bicarakan, tutup artikel ini dan bawa tidur saja. Silahkan nikmati mimpi keberhasilan anda tanpa bisa menjadi kenyataan selamanya. Anda akan menjadi orang kalah dalam kehidupan anda sendiri. Jika anda bertanya bukti, silahkan anda klik link di bawah ini.
Memulai bisnis online itu tidak susah bos, namun tetap harus ada persiapan mental, spiritual, dan modal. Gak usah khawatir bos, semua akan saya jelaskan secara pelan dan mudah difahami. Satu lagi bos, yang jelas ilmu ini gratis. Saya berikan ilmu ini berdasarkan pengalaman saya menjadi penjual barang online. Modal sedikit keuntungan kayak bukit, MAU? Baiklah, sekarang mari kita mulai om, tante, abang, kakak, dan kawan-kawan sekalian.
Memulai bisnis online perlu beberapa persiapkan, baik secara spiritual, mental, dan modal. Apa aja sih yang perlu anda persiapkan ditahap awal ini? Nih beberapa hal yang perlu anda persiapkan.

Modal Bisnis Online

Persiapan Spiritual

  • Mendekat dengan Tuhan dan minta petunjuk untuk mencapai keberhasilan
  • Tetap mendekat dengan Tuhan dalam semua aktifitas kehidupan

Persiapan Mental

  • Bangun keyakinan akan berhasil dengan terus berusaha dan pantang menyerah
  • Ingat, kita akan mulai dengan kerja cerdas, bukan kerja keras
  • Gigih dan pantang menyerah

Persiapan Modal

  • Punya facebook, twitter, dan kalau bisa blog untuk jualan
  • Penguasaan strategi penjualan, seperti minat pembeli dan keadaan pasar
Sekarang saya akan jelaskan satu persatu. Sisanya persiapkan perlatannya. Mulai dengan keyakinan dan jangan lupa berdoa.

Jika semua persiapan sudah dilakukan, mari kita mulai. Saya akan jelaskan dengan mudah biar anda bisa santai memahaminya. Siapkan kopi atau teh dan jangan lupa cemilan bos. Bagi perokok silahkan nyalakan dulu rokoknya biar santai. Selanjutnya mari kita mulai
Modal utama bisnis online

Persiapan Spiritual

Mendekat dengan Tuhan.

Dulu saya seorang bajingan juga dan pernah beberapa kali berurusan dengan hal tidak baik. Intinya pernah juga malang melintang didunia kelam. Kehidupan saya terpuruk, tanpa sadar berada dalam kerugian besar. Suatu saat saya merenung, kapan berakhir kehidupan seperti ini?. Saat itu ada suatu kekuatan menarik saya kembali kepada Tuhan. Pada sisi lain, kejenuhan membawa saya keluar dari dunia kelam. Saat itulah saya merasakan hidup kembali.

Jika anda selama ini tidak dekat dengan Tuhan, silahkan adakan pendekatan dulu dengan Tuhan anda. Karena kedekatan itu penting, agar anda selalu bisa berkeluh-kesah dengan Tuhan dan mengadukan segala hal kebodohan yang selama ini tidak disadari.

Jika anda sudah merasa dekat dengan Tuhan, Maka pendekatan harus terus dijaga, agar jangan sampai lalai dan menjadi jauh setelah mendekat. Mendekat, merapat, dan pegang erat-erat. Kalau sudah begitu, maka keberhasilan anda dalam kehidupan akan diperloeh dengan mudah dan lancar. Bukan hanya usaha online nantinya, tapi dengan banyak dan cinta.

Sesekali bermanja-manja dengan Tuhan dan ajak Tuhan ngobrol. Karena Tuhan Maha Kasih Sayang, tidak mungkin diam membiarkan pembicaraan hambanya. Dalam dialog keseharian itulah anda meminta. Jadi tekniknya meminta dengan bicara langsung dengan Tuhan. Ini salah satu kunci doa, jika ingin cepat terkabul. Curhat saja dengan Tuhan, maka Dia akan mendengar dan memberi jalan keluar. Kalau curhat sama orang lain, paling kena cuekin bos. Jika ada yang mau mendengar, paling cuma sedikit sekali. Sisanya hanya pura-pura mendengar dan berempati.
Sebenarnya ada cara berbisnis dengan Tuhan. Ini juga kunci keberhasilan yang jarang sekali diterapkan para pebisnis online, padahal hasilnya sangat manjur dan memuaskan. In syaa Allah saya akan jelaskan dilain waktu, dilain kesempatan, dan dilain tulisan. Sabar ya gan. 

Persiapan Mental

Membangun Keyakinan

Memulai bisnis online harus punya keyakinan. Bangun keyakinan kalau mau usaha anda berhasil. Namun dibalik keyakinan itu, anda juga harus sabar dan mau bekerja cerdas. Tidak ada usaha yang langsung menghasilkan keuntungan besar. Tetap saja anda harus melaluinya dengan kerja, baru mendapatkan hasil. Syukuri apa yang ada, syukuri yang anda dapatkan, dan tetap berdoa kepada Tuhan.

Jika anda tidak punya keyakinan, maka usaha anda tidak akan berhasil. Keyakinan itu akan menjadi semangat untuk anda terus berusaha dan akan bisa menerima segala resikonya. Anda akan belajar dari apapun yang anda dapatkan.

Ingat kebanyakan orang hanya belajar dari kekalahan atau kerugian. Menurut saya itu tidak juga seratus persen benar. Suatu hal yang perlu diperhatikan adalah, belajar dengan berhasil agar tidak lupa awal karir anda dan tidak menjadi sombong karena keberhasilan itu.

Kerja cerdas bukan kerja keras

Memulai bisnis jualan online harus dimulai dengan kerja cerdas bukan kerja keras. Karena bisnis online tidak memerlukan banyak tenaga dan hemat waktunya. Lalu apa bedanya kerja cerdas dengan kerja keras? begini gan penjelasannya.

Kerja keras itu secara gampangnya banting tulang kerja untuk menghasilkan sesuatu. Saya tidak menolak kerja keras karena itu juga penting. Namun kerja jualan online itu hal terpenting adalah memahami cara kerja dan membuat semua hal bekerja walau kamu tidak bekerja. Misalkan, kalau kamu jualan didunia nyata, maka kamu harus punya tempat jualan, menjaga jualannya selama jam buka toko, melayani pembelinya, dan lain sebagainya. Itu perlu tenaga besar dan banyak waktu mengerjakannya.

Jualan online akan berbeda bos, kita hanya perlu menyiapkan jualan delam bentuk foto, lalu menjualnya secara online. Artinya kita hanya perlu memasarkan produk secara online di facebook dan sosial media lainnya, tanpa harus susah payah memasarkannya kesana kemari. Sudah bisa dibayangkan ya bos bedanya. Ok lanjut.

Gigih dan pantang menyerah

Kegigihan dalam usaha itu adalah perjuangan dan dalam perjuangan harus disertai tekad pantang menyerah, Thomas Alfa Edison sebelum mendapatkan lampu pijar yang kita pakai sekarang, mengalami kegagalan tiga ribu kali dalam percobaannya. Albert Einstein mengalami kegagalan ratusan kali sebelum menciptakan bom atom. Bahkan sempat dihujat dan diremehkan. Mark Juckerberg pendiri facebook berulang kali dituntut karena mempertahankan facebook sebagai ide dan ciptaannya.

Orang terkaya didunia Elon Musk sempat bangkrut dalam membangun usaha sebelum berjaya seperti sekarang, Bill Gates tidak lulus sekolah tinggi dan sempat menjadi pengangguran sebelum dia mendirikan microsoft. Jadi tidak ada alasan anda untuk tidak yakin akan berhasil dan tidak ada juga pembenaran kalau anda malas untuk berusaha. Ingat kemalasan adalah penyebab utama kebangkrutan dalam hidup. Jika orang lain bisa berhasil, kenapa anda tidak?
Modal utama bisnis online itu bukan duit

Persiapan Modal

Sekarang kita bicarakan persiapan modal. Sebelum masuk dalam pembahasan modal, saya ceritakan dulu sedikit pengalaman saya. Dulunya saya jualan hanya modal dengkul. Artinya, pertama kali jualan gak ada modal, lalu saya minjam produk teman dan meyakinkan dia bahwa saya bisa menjual barangnya. Awalnya dengan berat hati dan kurang yakin kalau saya bisa menjualnya, teman saya tetap meminjamkan barangnya. Barang saya foto dan posting di facebook. Tawaran memang banyak tapi harga belum cocok. Sampai pada suatu saat ada juga yang menanyakan barang itu dan ingin membeli.

Pertama saya prospek dulu pembelinya dan meyakinkan dia kalau barang memang bagus. Saya beri jaminan bisa retur (ditukar atau dikembalikan) jika barang tidak sesuai. Akhirnya barang terjual dan ketika barang sampai pembelinya puas dan pesan lagi. Dari situ saya bersemangat jualan online. Ingat itu saya awali tanpa modal, barang punya kawan, dan hanya perlu sedikit usaha serta kesabaran. Kesimpulannya ketika anda jualan online, anda bisa memulainya dengan modal orang lain. Itu mungkin saja dilakukan. Sekarang kita lanjut kepembahasan inti.

Punya Media Sosial

Memulai bisnis online tentunya anda harus mempunyai media sosial, seperti facebook, instagram, dan kalau memungkinkan blog (seperti website). Hanya catatan saja, blog tidak wajib, tapi facebook dan instagram itu wajib ya gan. Saran saya bikin aja facebook baru, instagram baru, atau blog baru untuk jualan. Kenapa harus baru, karena itu nantinya akan dipenuhi barang yang anda jual. Artinya sosial media dan blog itu khusus untuk jualan saja. Biar enak mengelolanya.

Buat facebook dengan nama unik yang berkaitan jualan anda. Kalau gak bisa, pakai nama anda tapi belakangnya kasih nama merek dagang anda. semakin unik nama dan tidak ada yang sama, maka orang akan mudah mengingat nama toko online anda. Buat beberapa foto produk yang menarik ya, jangan asal jepret aja, selanjutnya posting di sosial media kalian. Beri keterangan barang di deskripsi postingan. Saran saya beri keterangan barang langsung di foto kalian dan cantumkan nomor hp kamu, jadi ketika orang tertarik untuk membeli tinggal menghubungi kontak dengan mudah.
Nanti saya akan jelaskan satu persatu secara detil strategi pembuatan konten sosial media menarik. Saya juga akan jelaskan bagaimana menjaring pembeli, dari cara posting menurut jam, posting digrup mana yang efektif, dan bagaimana meyakinkan pembeli untuk memilih jualan yang anda posting. Dilain waktu dan dilain artikel ya bos. Nanti kalau saya jelaskan disini bakal kepanjangan dan saya yakin anda akan bosan membacanya.

Pelajari Minat dan Trend Produk

Mempalajari minat pembeli itu penting, karena dari sana kamu tau apa yang lagi diminati untuk dibeli. Kadang barangnya biasa saja, tapi tetap saja laku kalau dijual online. Contohnya tas sekolah, mungkin model tidak terlalu bagus, tapi bisa banyak fungsi untuk digunakan sekolah. Survey bisa anda lakukan di beberapa marketplace seperti shopee, bukalapak, dan dibeberapa grup jualan online lokal.

Kalau anda ingin survey barang di guogle pergunakan google trend, caranya ketik google trend dan isi data barang yang ingin kalian cek. pengecekan ini memang perlu keahlian khusus, tapi tidak berat juga asal anda mau belajar. Saya juga dulunya gaptek, tapi karena belajar sekarang apa yang saya pelajari bisa membantu menghasilkan keuntungan. Satu hal yang perlu kamu ingat, jangan pernah berhenti belajar. Karena dari sana anda menjadi mengerti dan akan menjadi ahlinya nanti. Semoga apa yang saya tulis ini bisa saya jabarkan lebih detil dalam tulisan selanjutnya. In syaa Allah.

Silahkan dimulai dulu aja jualannya. Nanti saya akan ajarkan cara mudah memaksimalkan penjualan anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Salam sukses selalu.

Mau beli alat musik Kalimantan?

LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
LIHAT ALAT MUSIK MELAYU
Hubungi Admin: 0898 8566 886.

About the Author

Saya Ferdinan, S.Sn. dipanggil Mbah Dinan. Saya komposer dan peneliti independen budaya musik Dayak kalimantan Barat. Bekerja di Taman Budaya Kalbar dan masih aktif memberi pelatihan seni musik pada komunitas dan instansi pemerintah di Kalimatan Bar…

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.