Jual alat musik Dayak -->> Lihat Produk!

7 Wisata Air Terjun Eksotis di Kalbar

7 Wisata air terjun cantik yang patut kalian kunjungi
7 Wisata Air Terjun Eksotis di Kalbar

Air Terjun di Kalimantan Barat – Kalimantan Barat memiliki banyak air terjun yang tersebar dibeberapa daerah. Semua air terjun itu mempunyai keindahan dan menawarkan fenomena alam yang berbeda dengan segala keunikan tersendiri. 

Beberapa air terjun di Kalbar belum dikenal banyak orang. Namun pesonanya tetap saja menawan dan menarik untuk dikunjungi. 

Tempat yang masih asri dan jarak jangkau yang lumayan jauh serta sulit ditempuh, mambuat pemandangan air terjun di Kalbar tergolong masih asli dan eksotik. Selain itu beragam hewan menambah daya tarik kawan air terjunnya.

Beberapa destinasi air terjun di Kalimantan Barat ini sangat cocok untuk kalian yang menyukai tantangan dan mencoba hal baru dalam berwisata alam. Berikut beberapa air terjun yang bisa dijadikan referensi kunjungan wisata.

Air Terjun Tikalong

Air Terjun dengan ketinggian kurang lebih tujuh meter ini berada di desa Karangan, kecamatan Mempawah Hulu, kabupaten Landak. Air di Air Terjun ini sangat jernih dan segar. 

Dikelilingi oleh hutan tropis yang sejuk. Jarak tempuh sekitar 3.5 jam dari kota Pontianak, namun akan sebanding dengan apa yang akan kita terima dari destinasi ini.
Air Terjun Tikalong
Sumber foto: Travelos

Air Terjun Banyis

Berada di Desa Lomba Karya, tepatnya di Dusun Pagoh, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang. Air terjun ini memiliki eksotisme yang luar biasa dengan tebing bebatuan yang ditumbuhi tanaman disertai kolam yang dibingkai dengan apik oleh batu alam. 

Suasana alam nan asri yang tersaji akan menemani dan memanjakan pengunjung sepanjang perjalanan menuju lokasi Air Terjun Banyis. Selain itu banyak hewan liar yang indah, menambah asik perjalanan Anda.
Air Terjun Banyis

Air Terjun Terinting

Air Terjun Terinting terletak di ujung Kabupaten Landak tepatnya masuk wilayah Desa Sepatung Lauk, Kecamatan Air Besar. Air Terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dan memiliki aliran air kecil yang mengucur melalui tebing batu.

Jarak tempuh sekitar 5 hingga 7 jam dari kota Pontianak. Sepanjang perjalanan ari desa Sepatung disuguhkan pemandangan aliran sungai dan bukit batu yang mempesona.
Air Terjun Terinting
Sumber foto: Traveling Yuk

Air Terjun Gunung Poteng

Air Terjun ini terletak di kawasan wisata Gunung Poteng yang hanya sejauh 9 kilometer dari Kota Singkawang. Walaupun tidak begitu jauh dari perkotaan, masih sedikit pembangunan di sekitar area ini. Sehingga suasana maupun pemandangannya masih cukup alami. 

Air terjun poteng memiliki aliran air yang tidak cukup deras dan airnya mengalir menyusuri susunan tebing batu alam. Dilokasi air terjun terdapat flora dan fauna langka, Seperti Bunga Rafflesia, trenggiling bahkan beruang madu.
Air Terjun Gunung Poteng
Sumber foto: Selebes

Air Terjun Mananggar

Air Terjun Manggar mempunyai ketinggian sekitar 60 meter menyerupai Air Terjun Niagara. Sehingga banyak yang menjuluki air terjun ini sebagai Niagara kecil dari Kalimantan Barat. Destinasi yang berlokasi di hulu sungai Landak ini memiliki sebuah kolam bulat yang biasa digunakan oleh wisatawan untuk memancing ataupun berendam. 

Perjalanan menuju lokasi sekitar 3 jam perjalanan dari Ngabang dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Air Terjun ini cocok untuk para Nature Photographer dan para pecinta petualangan.
Air Terjun Mananggar
Sumber foto: Genpi

Air Terjun Ampar Jawa

Terletak di Kecamatan Serimbo, air terjun ini terkenal dengan kejernihannya. Pemandangan di sekitarnya juga tidak kalah eksotis dan membuat destinasi ini layak dikunjungi. Kabarnya Air Terjun ini cocok untuk kalian yang menyukai ketinggian. 

Membutuhkan waktu tempuh sekitar 7 jam dari kota pontianak. Ditempat ini masih banyak tumbuhan eksotis yang tidak ditemui ditempat lain, jadi selain air terjun juga kayak akan flora alam yang langka dan indah.
Air Terjun Ampar Jawa

Air Terjun Saka Dua

Siapa yang tahu Hutan Lindung Dusun Kayu Tunu? Air terjun ini ada di dalamnya. Membutuhkan niat yang cukup kuat dan kondisi tubuh yang prima untuk bisa mencapai lokasi ini. Hal tersebut dikarenakan kalian harus menyusuri sungai Kapuas menggunakan perahu. 

Selanjutnya perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki melintasi hutan. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota Sanggau dan 7 jam perjalanan dari kota Pontianak. Masuk wilayah administratif Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.
Air Terjun Saka Dua
Sumber foto: Pancur Aji Pos

Ada baiknya kalau wisata ke 7 air terjun di Kalbar, sebaiknya cari pasangan jalan yang kuat, karena medan yang cukup berat, namun keindahan yang luar biasa. Ynag jelas tempatnya masih alami dan eksotis. 7 Air terjun tersebut bisa menjadi referensi wisata kalian. 

Nanti kalau sudah datang kesana, ceritakan kepada saya melalui komentar ya abang dan kakak, terima kasih. Salam sahabat wisata.

Mau beli alat musik Dayak Kalimantan?

LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
Hubungi Admin: 0811 5686 886.

About the Author

Saya Ferdinan, S.Sn. dipanggil Mbah Dinan. Saya komposer dan peneliti independen budaya musik Dayak kalimantan Barat. Bekerja di Taman Budaya Kalbar dan masih aktif memberi pelatihan seni musik pada komunitas dan instansi pemerintah di Kalimatan Bar…

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.