Jual alat musik Dayak -->> Lihat Produk!

Niagara Kecil di Barat Kalimantan

Keindahan Riam Merasap di Bumi Sebalo Kalimantan Barat
Niagara Kecil di Barat Kalimantan

Sekilas Tentang Riam Merasap

Riam Merasap terletak di Desa Batang Air kecamatan Tujuhbelas (pemekaran dari Kecamatan Sanggau Ledo) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Riam Merasap mempunyai aliran air yang deras dan jatuhan air ke danau bawahnya menimbulkan percikan kabut dingin yang akhirnya oleh masyarakat sekitar dinamakan merasap (berasap). Katinggian Riam Merasap berkisar kurang lebih 20 meter dan lebar sekitar 8 meter dengan hutan hujan tropis di sekelilingnya. Oh ya, kalau mau ke sini sekitar bulan Oktober dan November, pas musim hujan. Anda bisa melihat Riam Merasap dengan debit air banyak dan tampak semakin indah.
Kata Riam kalau di Kalimantan Barat sama artinya dengan air terjun. Jadi kata Riam Merasap berarti Air Terjun Merasap dalam bahasa setempat.

Jarak tempuh ke Riam Merasap

Jarak pontianak ke Riam Merasap sekitar 300km dan lama perjalanan berkisar 5 jam (normal) kalau melalui jalur Toho. Jalur lainnya adalah melalui Singkawang kemudian menuju Bengkayang. Jalur ini akan memakan waktu sekitar 7 sampai 8 jam perjalanan. Walau lebih jauh, tapi kan bisa melihat Hongkongnya Kalimantan Barat. Melihat kehidupan dan bangunan Cina yang masih asli kayak jaman dulu.

Spot menarik yang ada di sekitar Riam Merasap

Selain Riam Merasap, terdapat juga Riam Naik Kubik yang tidak kalah menarik dengan jarak sekitar 10 km dari lokasi. Anda juga bisa jalan-jalan ke perbatasan Malaysia yang berjarak 10 km dan bisa melihat-lihat border di daerah perbatasan Aruk Sajingan. Kalau ada paspor bisa sekalian jalan-jalan ke Malaysia. Mantab kan bro and sista?

Fasilitas Pendukung Riam Merasap

Ada beberapa penginapan di lokasi Riam Merasap, namun anda tetap harus melanjutkan perjalanan kalau mau kelokasi Riam Merasap. Kalau masuk dulu gratis, gak tau ya sekarang gan. Kalaupun bayar kayaknya gak mahal kok dibanding keindahan dan sensasi yang kalian dapatkan. Kalau masalah parkir, biasanya para pengunjung menitipkan motor atau mobil di rumah penduduk, dengan imbalan jasa berdasarkan kesepakatan.

Video Riam Merasap

Mau tau keindahan Riam Merasap, silahkan lihat video dari kawan-kawan Borneo Skycam. Nilai dan rasakan aja sendiri keindahannya. Kalau sudah lihat, silahkan cerita di komentar ya bos.

Lihat Videonya disini
 

Sumber video : Borneo Skycam Selanjutnya kami tunggu petualangan anda di Riam Merasap. Kalau anda siap, hubungi kami, nanti kita berbagi cerita dan ceria di sana.

Sumber foto : Doyan Jalan-jalan

Mau beli alat musik Dayak Kalimantan?

LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
Hubungi Admin: 0811 5686 886.

About the Author

Saya Ferdinan, S.Sn. dipanggil Mbah Dinan. Saya komposer dan peneliti independen budaya musik Dayak kalimantan Barat. Bekerja di Taman Budaya Kalbar dan masih aktif memberi pelatihan seni musik pada komunitas dan instansi pemerintah di Kalimatan Bar…

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.