Jual alat musik Dayak Lihat Produk!

Musik Jaja Nyango Dayak Kanayatn

Irama musik Jaja Nyango Dayak Kanayatn Kalimantan Barat
Musik Dayak Kanayatn - Musik Jaja Nyango termasuk dalam Rumpun Musik Ngaranto yang diciptakan oleh Dayakng Dadompa. Dia mempelajari langsung dari Bang Kire Pamaliatn Subayatn. Irama musik ini dibagi menjadi sembilan belas bagian, salah satunya adalah musik Jaja Nyango.

Musik Jaja Nyango merupakan tabuhan pendek dengan sekuen turun pada dau we'nya. Sekilas musik jaja nyango terdengar seperti pengulangan harafiah, namun perpindahan tonika yang menggunakan sekuen turun membuat perbedaan pada motif tabuhannya, sehingga rasa musikal juga akan memberikan nuansa berbeda pada dua motif pendek tersebut.

Musik Jaja Nyango Dayak Kanayatn
Lihat videonya di sini

Permain musik jaja nyango pada Dau Naknya hanya memainkan satu motif dengan pola sincopasi. Namun karena kerapatan pola ritme yang dimainkan terkesan motif tabuhan naknya terdengar seperti permainan on beat. Fungsi permainan motif naknya ini sebagai rhytm section atau memberi variasi tabuhan pada dau we'nya.
Traktir Mbah Dinan kopi klik di sini
Beli alat musik Kalimantan klik di sini
Hubungi Admin via whatsapp klik di sini.

About the Author

Saya Ferdinan, S.Sn. dipanggil Mbah Dinan. Komposer dan peneliti independen budaya musik Dayak kalimantan Barat. Masih aktif memberi pelatihan seni musik Dayak pada komunitas di Kalimatan Barat.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.