Jual alat musik Dayak -->> Lihat Produk!

Ragam Rumah Betang Kalimantan Barat

Melihat eksotika Rumah Betang masyarakat Dayak Kalimantan Barat
Rumah Betang Dayak Kalimantan Barat

Sekilas tentang Rumah Betang

Rumah betang adalah rumah panjang dimana didalam rumah betang tersebut terdapat beberapa bilik yang ditempati masing-masing kepala keluarga. Pengertian bilik di sini bukan seperti kamar, tapi lebih mirip seperti ruangan rumah yang di dalamnya terdapat kamar tidur, ruang tengah (biasanya digunakan untuk ngumpul keluarga sekaligus menerima tamu), dan dapur.

Bilik satu dengan bilik lainnya berdempet atau menyambung, sehingga rumah betang ini bentuknya memanjang sesuai jumlah kepala keluarga penghuni betang tersebut. Oleh karena ini pula banyak orang menyebutnya sebagai rumah panjang.

Didepan bilik rumah betang terdapat pelataran memanjang yang disebut dengan Pene (dalam bahasa Dayak Kanayatn) atau Ruai (dalam bahasa Dayak Iban). Tempat ini biasanya digunakan untuk aktifitas keseharian seperti santai sambil bercengkrama, menenun, bermusyawarah, melakukan aktifitas adat, dan lain sebagainya.

Mereka yang tinggal dirumah betang termasuk keluarga besar dan diikat oleh adat istiadat kesukuan. Suasana kekeluargaan masih terasa kental dan sesama mereka saling memperhatikan serta melindungi antara satu dengan lainnya. Karena kehidupan yang masih kental dengan pola kehidupan lama dan berpegang dengan adat, maka banyak wisatawan yang berkunjung ke rumah betang. Berikut beberapa Rumah Betang yang ada di Kalimantan Barat.

Rumah Betang Sahapm

Rumah Betang Sahapm terletak di Dusun Saham, Desa Saham, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Jaraknya sekitar 200 kilometer dari ibu kota Kalbar, Pontianak. Rumah adat yang dihuni suku Dayak Kanayatn ini masih menjalankan adat istiadat secara turun-temurun. Rumah Betang Sahapm dibangun tahun 1875.
Rumah Betang Dayak Kalimantan Barat
Rumah Betang Dayak Kalimantan Barat

Rumah betang ensaid panjang

Rumah betang ensaid panjang adalah rumah betang yang terdapat di Desa Ensaid Panjang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Sub suku yang mendiami rumah betang Ensaid Panjang adalah sub suku Dayak Desa tumpun dari Dayak Iban.

Jarak Ensaid Panjang dengan ibukota Kecamatan Kelam Permai adalah 27 km, sementara jarak dengan Ibukota Kabupaten sekitar 58 km, dan jarak desa ini ke Pontianak mencapai 478 km. Jarak tempuh dari Pontianak ke Kabupaten Sintang sekitar 6 jam perjalanan. Jarak tempun dari Sintang ke Ensaid Panjang sekitar 1 jam perjalanan menggunakan mobil atau motor.
Rumah Betang Dayak Kalimantan Barat
Rumah Betang Dayak Kalimantan Barat

Rumah Betang Sungai Utik

Rumah Betang Sungai Utik terletak di Dusun Sungai Utik, Desa Batu Lintang, Kec. Embaloh Hulu Kab. Kapuas Hulu. Rumah Betang sungai Utik didirikan tahun 1967. Rumah Betang ini terdiri dari 37 pintu dengan penghuni bilik berkisar 70 KK.
Rumah Betang Dayak Kalimantan Barat
Rumah Betang Dayak Kalimantan Barat

Rumah Betang Pontianak

Rumah Betang Pontianak didesain dari gabungan beberapa rumah betang di Kalimantan Barat. Rumah Betang Pontianak ini merupakan replikasi rumah betang yang sekarang lebih difungsikan untuk pergerakan kebudayaan Dayak di Pontianak. Letaknya di Jalan Soetoyo, Pontianak, Kalimantan Barat.
Rumah Betang Dayak Kalimantan Barat
Rumah Betang Dayak Kalimantan Barat
Rumah Betang Dayak Kalimantan Barat

Rumah Radakng Pontianak

Rumah Radakng sama dengan Rumah Betang. Rumah Radang adalah penyebutan Rumah Betang Dalam Bahasa Dayak Kanayatn. Bangunan ini terdapat di kota Pontianak dan merupakan rumah radakng terbesar di dunia. Rumah betang ini juga merupakan kebanggaan masyarakat Kalimantan Barat.
Rumah Betang Dayak Kalimantan Barat
Rumah Betang Dayak Kalimantan Barat
Rumah Betang Dayak Kalimantan Barat

Itulah beberapa rumah betang sebagai rumah adat Dayak yang ada di Kalimantan Barat. Masih banyak lagi rumah betang yang terdapat di beberapa daerah sebagai aset kekayaan budaya Dayak di Kalimantan Barat.
Sumber foto Nona Yunee - Kompas - Jalan-jalan Yok - Gumay Febri - Gaung Aman - If Not Us, Than Who? - Tritama Rent Car - Quora - Tripadvisor - Quora - Wisata Pontianak  - Info Promo Diskon

Mau beli alat musik Kalimantan?

LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
LIHAT ALAT MUSIK MELAYU
Hubungi Admin: 0811 5686 886.

About the Author

Saya Ferdinan, S.Sn. dipanggil Mbah Dinan. Saya komposer dan peneliti independen budaya musik Dayak kalimantan Barat. Bekerja di Taman Budaya Kalbar dan masih aktif memberi pelatihan seni musik pada komunitas dan instansi pemerintah di Kalimatan Bar…

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.