Madu Lebah Hutan Kalbar Skip to main content

Madu Lebah Hutan Kalbar

Madu Lebah Kalimantan

Madu lebah hutan Kalimantan barat dihasilkan oleh lebah madu apis dorsata. Lebah madu ini dikenal sebagai lebah madu raksasa. Apis dorsata juga dianggap sebagai lebah madu paling produktif. Perbedaannya dua kali lebih produktif dan lebih besar dari lebah madu ternak Apis melifera.

Lebah madu hutan Kalimantan barat ini hanya membuat satu sarang yang biasanya menggantung pada ketinggian 10 meter sampai 20 meter. Besar sarang mencapai 1 sampai 3 meter dengan berat mencapai 20 kilogram.

Dalam satu pohon bisa terdapat banyak sarang madu lebah apis dorsata. Jadi sekali panen bisa mencapai 200 kg madu dalam satu pohon. Lebah madu apis dorsata ini juga dapat membuat sarang dan madu dalam waktu 2 sampai 3 bulan setelah sarang dipanen. Artinya dua kali lebih banyak dibanding lebah madu ternak yang biasanya dipanen 6 bulan sekali.

Penghasil madu hutan kalimantan barat

Madu lebah hutan kalimantan barat paling banyak ditemukan di daerah Danau Sentarum. Disana juga ada kelompok masyarakat pekerja madu lebah hutan. Mereka mengolah atau memisahkan madu dari sarang dengan cara tradisional, tidak menggunakan alat modern dan tidak menggunakan campuran apapun, sehingga madu terjamin keasliannya.

Madu lebah hutan danau sentarum terbukti sangat baik untuk kesehtan dan madu sangat dianjurkan dalam pengobatan islam. Madu lebah hutan kalimantan barat ini juga mempunyai kelebihan dapat mencegah dan menetralisir bakteri merugikan yang masuk ke dalam madu (tetap hiegenis), sehingga menjadikan madu hutan kalimantan ini semakin lama disimpan kwalitasnya semakin baik dan tidak mempunyai batas kadaluwarsa.

Sumber foto: Agen Madu Asli

Kelebihan madu lebah hutan kalimantan barat

Madu lebah hutan Kalimantan Barat yang dihasilkan dari nektar apis dorsata berasa manis dan baunya lebih tajam. Kadar air dalam madu lebah hutan Kalimantan cukup tinggi, sekitar 24-26%. Hal ini karena lokasi pembuatan sarang lebah madu liar hutan Kalimantan berada dialam terbuka yang setiap kali terkena paparan cuaca lembab bahkan basah.

Madu lebah hutan Kalimantan lebih manis dan lezat. Kandungan antioksidannya lebih tinggi daripada madu lebah ternak. Di dalam madunya pun terkandung bee pollen dan propolis yang tidak tercampur racun pestisida, karena lingkungan hidupnya dihutan Kalimantan dan dianggap madu paling organik.

Harga madu hutan kalimantan barat

Madu lebah hutan Kalimantan biasanya jauh lebih mahal karena proses pengumpulan madu lebah hutan Kalimantan diolah secara alami (organik). Harga madu berkisar empat puluh rupiah sampai jutaan rupiah, tergantung kualitas dan kemasan (takaran). Tapi umumnya dipasaran hanya beredar madu dengan kisaran 40 ribu sampai 300 ribu rupiah.

Cara hidup lebah hutan kalimantan barat lebih bebas (bukan pergaulan bebas ya gan) untuk mencari makan dan kaya dengan kandungan panghasil madu dari makanan alami tersebut. Selain itu madu hutan kalimantan dicari pada beberapa pohon tinggi. Proses pengambilan madu penuh resiko, sehingga wajar kalau harga madu hutan kalimantan lebih mahal ketimbang madu ternak atau madu biasa.

Sumber foto: Mongabay

Kandungan dan manfaat madu hutan kalimantan barat

Kandungan madu lebah hutan borneo adalah air, gula (fruktosa, glukosa, maltosa, sukrosa), mineral, Vitamin (B1, B2, B5, B6, C), asam pantotenat, boitin, asam folat dan Enzim. Dari kandungan tersebut, madu hutan Kalimantan barat termasuk sebagai madu konsumsi terbaik untuk kesehatan. Hal ini karena madu hutan Kalimantan barat mempunyai Kelebihan gula alami (gula invert).

Madu lebah liar hutan Kalimantan Barat memiliki susunan kimia yang sangat sederhana, segera berasimilasi dengan darah, dapat segera menghasilkan energi tanpa melalui proses pencernaan, mengandung senyawa aktif yang disebut enzim diastase tinggi yang sangat bagus untuk menetralisir bakteri merugikan dalam tubuh manusia, dan menjadikan tubuh kebal dari berbagai penyakit.

Membedakan madu hutan kalimantan barat asli dengan palsu

Tuangkan madu lebah hutan Kalimantan ke dalam gelas, kira-kira setinggi 1cm. Kemudian tuangkan kuning telur kedalamnya. Bila kuning telur berubah menjadi agak keputihan (karena matang), maka madu itu asli.

Sumber foto: Berkah Khair

Cara lainnya, tuangkan madu lebah hutan kalimantan ke atas kertas kira-kira satu sendok makan. Kalau rembesan airnya melebar banyak berarti itu bukan madu kalimantan. Selanjutnya tuangkan madu ke atas pasir, maka madu kalimantan barat tidak akan membasahi pasi, tapi merekatkan pasir pada madu dan tidak merembes.

Tes lainnya adalah dengan menuangkan madu lebah pada gelas berisi air, madu hutan kalimantan akan mengendap di bagian bawah, sedangkan madu palsu akan larut bersama air. Masih banyak cara lainnya. Insya Allah nanti saya share.

Referensi : Blog Manfaat - Mr. Darsata Organio - Hernis Mantel - Madu Hutan Kalimantan
Mau beli alat musik Kalimantan?
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
Hubungi Admin: 0898 8566 886.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar