Jual alat musik Dayak -->> Lihat Produk!

Kerupuk Basah Kuliner Unik Kapuas Hulu Kalbar

Kerupuk basah kuliner unik khas Kapuas Hulu Kalbar
Kerupuk Basah Kuliner Unik Kapuas Hulu Kalbar

Apa itu Kerupuk Basah?

Pernah dengar Kerupuk Basah? mungkin anda membayangkan kerupuk yang basah kena air. Tapi gak membayangkan makan kerupuk sambil basah-basahan kan bro? atau mungkin anda membayangkan kerupuk yang dicelupkan ke dalam air ketika ingin disantap. Kalau begitu bayangan anda benar, maksudnya benar-benar salah. hehehe....

Kerupuk Basah bentuknya bulat memanjang seperti sosis. Kebanyakan panjangnya berkisar 15cm sampai 25cm dan diameter sekitar 2cm sapai 3cm. Kerupuk Basah ini bersifat kenyal dan akan terasa gurih ketika dihidangkan dengan cara dikukus. Karena bentuknya yang kenyal dan agak basah inilah makanya dinamakan Kerupuk Basah atau dalam bahasa daerah disebut Temet.

Spesifikasi Kerupuk Basah

Kerupuk Basah berbahan dasar ikan air tawar seperti Toman dan Belidak. yang diaduk rata dengan tepung dan bumbu tertentu. Biasanya disajikan setelah dikukus dengan bumbu kacang sebagai pelengkap rasanya yang gurih dan lezat. Namun ada juga yang menyajikannya dengan cara di goreng, tergantung selera boss. Kuliner ini berasal dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.
Kerupuk Basah Kuliner Unik Kapuas Hulu Kalbar

Kuliner Kerupuk Basah lebih enak disajikan hangat dengan cara mencelupkannya dalam sambel goreng. Jadi ketika Temet itu kita gigit, kadang keluar semacam lemak ikan yang lembut yang menambah sensasi kenikmatan kuliner tersebut. Rasa kenyal, pedas manis dan aroma ikan berpadu ketika mulut mulai mengunyah. Pokoknya dijamin sedap dan mantab.

Kerupuk Basah ini sekarang sudah bisa dibeli di beberapa daerah. Harganya berkisar 15 sampai 30 ribu rupiah per porsinya. Harga itu akan terasa murah ketika anda merasakan sensasi gurih Kerupuk Basah khas Kapuas Hulu Kalimantan Barat tersebut. Bagi yang menyukai tantangan, sambel bisa dibikin pedas dan tambahkan sedikit merica agar rasanya lebih hot dan mengigit.

Jadi kalau berkunjung ke Putussibau (ibu kota Kapuas Hulu) jangan lupa untuk mencicipi Kerupuk Basah. Bisa juga dibawa sebagai oleh-oleh, karena kerupuk basah ini bisa awet sampai sebulan (bisa lebih) kalau disimpa ditempat dingin. Jadi aman untuk dibawa sebagai oleh-oleh dan disantap bersama keluarga tercinta.

Mau beli alat musik Dayak Kalimantan?

LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
Hubungi Admin: 0811 5686 886.

About the Author

Saya Ferdinan, S.Sn. dipanggil Mbah Dinan. Saya komposer dan peneliti independen budaya musik Dayak kalimantan Barat. Bekerja di Taman Budaya Kalbar dan masih aktif memberi pelatihan seni musik pada komunitas dan instansi pemerintah di Kalimatan Bar…

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.