Jual alat musik Dayak -->> Lihat Produk!

Jelajah Keindahan Riam Tapsa Bengkayang

Jelajah keindahan riam tapsa Bengkayang Kalimantan Barat
Jelajah Keindahan Riam Tapsa Bengkayang

Petualang di Riam Tapsa

Riam Tapsa adalah salah satu riam yang terdapat di kawasan gunung Bawakng Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Riam Tapsa merupakan riam tujuh tingkat yang memendam keindahan alami pegunungan dan hutan tropis, sehingga keasriannya masih terjaga sampai sekarang.

Riam Tapsa mempunyai tujuh tingkat dan dipercaya sebagai tempat pemandian tujuh bidadari. Bentuknya yang berundak seakan mengisyaratkan sebuah tahta raja. Masing-masing tingkat mempunyai batu datar dan pemandangan yang sangat menarik untuk dinikmati.

Curah hujan yang cukup tinggi membuat hutan di Riam Tapsa terasa dingin dengan balutan misterinya. Inilah yang membuat riam tapsa pantas disebut riam bidadari dengan segala keindahan mempesona. Hebatnya keindahan itu akan menyambut anda ketika anda menginjakkan kaki di Riam Tapsa.

Akses Menuju Riam Tapsa

Akses menuju Riam Tapsa dimulai dari Pontianak menuju Kabupaten Bengka yang memakan waktu sekitar 4 jam. Perjalanan dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan kondisi jalan bagus.

Bagi anda yang baru pertama sekali bertualang di sana, sangat disarankan menggunakan jasa penunjuk jalan. Anda bisa menggunakan guide orang setempat yang sangat mengetahui kondisi alam gunung bawakng dimana Riam Tapsa berada. Hal ini untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Bisa saja anda malah tersesat atau diganggu makhluk halus penunggu Gunung Bawakng jika berangkat tanpa bantuan masyarakat setempat.

Selain itu, dengan menggunakan masyarakat setempat, setidaknya mereka tau tentang adat dan larangan di daerah Riam Tapsa. Anda juga bisa berakrab ria dengan masyarakat di sana, yang jelas masyarakatnya sangat bersahaja dan ramah. Jadi bisa menjadi teman perjalanan mengasikkan bertualang dirimba Gunung Bawakng menuju Riam Tapsa.

Jelajah Keindahan Riam Tapsa Bengkayang

Perjalanan dari Kabupaten Bengkayang menuju desa lumar berkisar 20 menit lalu mendaki gunung bawakng menuju Riam Tapsa sekitar satu hari. Oleh karena itu disarankan anda menginap diperjalanan. Ditengah jalan ada tempat perhentian yang bisa dijadikan tempat menginap. Sederhana tapi sangat mengasikkan bagi petualang.

Disepanjang perjalanan kebanyakan anda akan disuguhi pohon besar, binatang eksotik, dan suara gemericik air yang berbaur dengan nyanyian binatang hutan. Semua itu bisa menjadi musik alam (sound scape) yang akan menghantar petualangan menjadi semakin menarik. Jangan berpikir lelahnya ya gan, karena lelah akan terbayar ketika menginjakkan kaki di Riam Tapsa.

Keindahan Riam Tapsa akan membuat anda terpesona Pastinya anda akan mendapat dua kenikmatan petualangan, mendaki gunung bawakng yang keramat dan penuh misteri, memeluk keindahan Riam Tapsa yang jarang disaksikan banyak orang. Jadi, kapan lagi mau bertualang seru ke Riam Tapsa. Tentunya susah di dapat di daerah lain, selain di Bengkayang Kalimantan Barat.

Kemanjaan di Wilayah Bawah Riam Tapsa

Setelah turun dari Riam Tapsa, anda dapat memanjakan diri mandi dengan bocah-bocah kecil yang lucu, lugu, bersahaja, dan sangat baik hati. Anda akan dibuai kemanjaan sebenarnya, dimana kemanjaan itu akan menerbangkan anda ke masa kecil yang seakan hidup kembali. Itulah keindahan dan keseruan petualangan ke Riam Tapsa Bengkayang Kalimantan Barat.

Jelajah Keindahan Riam Tapsa Bengkayang

Jangan lupa kami menunggu anda dengan kopi hangat. Dengan ketulusan kami tunggu cerita petualangan anda dimalamnya kota Pontianak. Karena kami sadar, bahwa disetiap petualangan ada cerita dan keseruan berbeda yang tidak dirasakan oleh semua orang. 

Dokumentasi Petualangan ke Riam Tapsa

Dari pada panjang lebar, lebih baik anda menyaksikan video NEGERI INDONESIA salah satu program TVRI. Semoga video ini bisa membangkitkan jiwa petualang banyak orang menuju Riam Tapsa. Video ini juga dimotori oleh kawan-kawan MAKUMPALA (Mahasiswa Hukum Pecinta Alam) Universitas Tanjungpura Pontianak. Tidak lupa kami mengucapakan banyak terima kasih kepada admin tukang keker atas izin videonya dan semua yang terlibat dalam video tersebut.

youtube image

Special Tanks to All Members : Sumber Video RIAM TAPSA SURGA TERPENDAM DI BENGKAYANG Channel TUKANG KEKER - Program Acara TVRI Facebook NEGERI INDONESIA - Creative Crew MAKUMPALA Universitas Tanjungpura Pontianak - Sumber Foto Tukang Keker

Semoga keindahan alam borneo dan wisata kalbar dapat terus lestari dan menjadi pembelajaran untuk anak cucu kita nanti, Amin Allahumma amin. Mungkin durasi video agak panjang, tapi saya yakin anda akan menikmatinya. Selamat menyaksikan.

Mau beli alat musik Dayak Kalimantan?

LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
Hubungi Admin: 0811 5686 886.

About the Author

Saya Ferdinan, S.Sn. dipanggil Mbah Dinan. Saya komposer dan peneliti independen budaya musik Dayak kalimantan Barat. Bekerja di Taman Budaya Kalbar dan masih aktif memberi pelatihan seni musik pada komunitas dan instansi pemerintah di Kalimatan Bar…

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.