Jual alat musik Dayak -->> Lihat Produk!

Musik Dayak Sebagai Identitas Budaya Lokal 1

Musik Dayak Sebagai Identitas Budaya Lokal

Budaya musik mencakup gagasan-gagasan, tindakan, karena musik adalah suatu gejala manusia, untuk manusia dan mempunyai fungsi sosial dalam situasi sosial (Alan P. Merriam, 2005: hal. 20). Fungsi sosial musik Dayak dalam masyarakat harus dilihat bahwa musik itu berperan dan dapat memberi, sehingga ia dapat bertahan dalam kehidupan masyarakat. Mereka memerlukan keberadaan musik untuk kepentingannya, baik kepentingan pribadi, kelompok, maupun kepentingan sosial. Hal ini karena pandangan yang tumbuh dalam masyarakat menyatakan bahwa musik mempunyai hubungan dengan kehidupannya, memiliki fungsi, simbol, makna, dan nilai yang berhubungan dengan kepercayaan, adat istiadat, sekaligus sebagai ciri budaya lokal.

Hubungan sosial masyarakat mempunyai kesatuan yang dinamakan kesatuan fungsional (A.R Redcliffe Brown, 1980: hal. 210). Hubungan antara fungsi itu saling terkait dan mendukung antara satu dengan lainnya. Begitu pula dengan Musik Dayak, ia merupakan sesuatu yang mempunyai fungsi bagi masyarakat dan berperan sebagai tonggak keberlangsungan budaya sebagai efek dari kebudayaan adat atau pranata solidaritas sosial (A.R. Redcliffe Brown dalam I Komang Sudirga, 2005: hal.128). Kenyataan fungsionalitas ini akhirnya memposisikan musik sebagai hasil dari aktivitas artistik dan dijadikan sebagai literatur estetik bagi masyarakat itu sendiri.

Musik Dayak mempunyai nilai estetik secara internal dan eksternal. Secara internal musik Dayak mempunyai nilai tersendiri di dalamnya, seperti bentuk musik, instrumentasi atau alat musik, pemain musik, penyajian musik, dan lain sebagainya. Meskipun pada dasarnya beberapa elemen musikal tersebut merupakan ranah tekstual, namun ia juga mempunyai nilai tersendiri yang berbeda dengan nilai internal musik lainnya. Hal ini akan di bahasa untuk mengetahui bentuk dan gaya dari musik Dayak itu sendiri.

Musik Dayak secara eksternal berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat yang menyebabkan ia berfungsi. Fungsi ini lebih mengarah kepada peranannya dalam masyarakat, sehingga musik dayak dapat memberikan sesuatu hal penting bagi masyarakat. Fungsi musik di sini mencakup gagasan-gagasan atau ide-ide yang sejalan dengan kebutuhan masyarakat. Ia harus dilihat sebagai “sesuatu yang memberi” untuk melengkapi kehidupan masyarakat, baik berhubungan dengan konsep budaya masyarakat sebagai bagian dari suatu tatanan sosial yang dibangun bersama.

Mau beli alat musik Kalimantan?

LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
LIHAT ALAT MUSIK MELAYU
Hubungi Admin: 0898 8566 886.

About the Author

Saya Ferdinan, S.Sn. dipanggil Mbah Dinan. Saya komposer dan peneliti independen budaya musik Dayak kalimantan Barat. Bekerja di Taman Budaya Kalbar dan masih aktif memberi pelatihan seni musik pada komunitas dan instansi pemerintah di Kalimatan Bar…

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.