Kemeriahan Pergelaran Meriam Karbit Pontianak

Kemeriahan Pergelaran Meriam Karbit Pontianak

Kedahsyatan Meriam Karbit Gang Landak, Tanjungpura, Pontianak

Perayaan Malam Hari Raya Idul Fitri 1443 H/ 2022 dengan pergelaran Meriam Karbit di Gang Landak, Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan barat. Perhelatan akbar meriam karbittahun ini diprakarsai oleh masyarakat Gg. Landak Tanjungpura Pontianak, Komunitas Pecinta Meriam Karbit SLEMBE, Bala Komando, Komunitas Budaya Melayu Pontianak, Komunitas Budaya Dayak Pontianak, dan Komunitas Budaya Thionghoa Pontianak.

youtube image

Pergelaran Meriam Karbit ini bertujuan untuk melestarikan budaya meriam karbit, yang mana kegiatan ini sudah dilakukan turun temurun oleh warga Pontianak. Selain itu perayaan malam hari raya idul fitri dengan meriam karbit adlaah sebagai ajang silaturrahmi budaya untuk seluruh warga pontianak.

Tradisi perayaan menyambut lebaran 2022 ini sangat meriah dengan adanya meriam karbit. Antusiasme warga pontianak sangat besar dengan memadati tempat digelarnya pesta meriam karbit. Suasana kota Pontianak semakin semarak, penuh kegembiraan menyambut datangnya hari kebebasan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa.

Meriam karbit menjadi semakin semarak dengan dentumannya yang semakin nyaring. Meriam Karbit adalah bukti sejarah yang tak lekang dimakan zaman. Meriam karbit adalah eksistensi warga pontianak yang cinta akan budaya dalam kebersahajaan dikehidupannya. Mariam karbit adalah nyaringnya suara warga Pontianak dalam mengagungkan dalam melestarikan budayanya.

Mau beli alat musik Kalimantan?
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK
LIHAT ALAT MUSIK MELAYU
Hubungi Admin: 0898 8566 886.
Mbah Dinan

Saya Ferdinan, S.Sn. dipanggil Mbah Dinan. Saya komposer dan peneliti independen budaya musik Dayak kalimantan Barat. Bekerja di Taman Budaya Kalbar dan masih aktif memberi pelatihan seni musik pada komunitas dan instansi pemerintah di Kalimatan Barat.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda

Lebih baru Lebih lama