Skip to main content

Cina Hanya Mengejar Ikan Kabur ke Natuna


Natuna Memanas - Sudah hampir sebulan kawasan Laut Natuna Memanas karena diperbutkan dua negara, Cina dan Indonesia. Natuna termasuk Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dalam teritori Indonesia dan ini sudah diakui oleh PBB, namun Cina menolak keputusan PBB tersebut. Cina masih menggunakan batas laut menurut sembilan garis putus-putus yang bersikeras diakuinya dan mengkalim bahwa Laut Natuna masuk dalam teritori mereka. Akhirnya terjadi perbutan wilayah yang sampai sekarang masih memanas.

Laut Natuna memang seksi dan mempunyai banyak ikan konsumsi yang harganya mahal di pasar ikan Internasional. Selain itu diindikasikan adanya kandungan mineral alam diwilayah tersebut. Wajar saja keseksian Natuna yang memang montok diperebutkan oleh nagara lain.

Ada satu hal yang membuat suasana panas itu menjadi lucu dan konyol. Adanya kata-kata bahwa datangnya Cina ke Natuna ternyata Cina mengejar ikan yang awalnya berenang di kawasan laut Cina menuju laut Natuna. Awalnya ikan itu berada diwilayah laut Cina. Setelah tau ingin ditangkap nelayan Cina, akhirnya ikan pada lari ke laut Natuna.



Saya hanya berpikir, "sungguh hebat ikan-ikan itu, mereka kompak lari ke laut Natuna yang masuk dalam wilayah Indonesia". Mungkin mereka anggap di Indonesia gampang dapat perlindungan dan bisa buka usaha baru, Itulah seksinya laut Natuna. dimana para konglomerat ikan Cina pada ngadain pesta di sana.

Mungkin lambat laun, ikan-ikan cina akan menetap dan beranak pinak di Natuna. Mereka membangun teritori sendiri dan akhirnya mendirikan negara ikan sendiri. Akhirnya ikan Indonesia di natuna tersingkir dan hanya menyisakan ikan buruh yang mengabdi kepada ikan Cina.

Akhirnya sejarah akan dihapuskan, dan generasi penerus ikan Indonesia yang berada di sana akan menganggap Natuna tidak ada, yang ada hanyalah negara ikan Cina. Lebih mengagetkan lagi, ketika nelayan Indonesia menangkap ikan di wilayah Natuna, mereka semua pada kebingungan. Karena mata ikan di Natuna sipir semua.
Sumber foto : https://matakepri.com/ - https://www.beritasatu.com/
Mau beli alat musik tradisional Kalimantan?
hubungi: 0898 8566 886 - 0811 5686 886.
Mau Lihat alat musiknya? klik link berikut
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK atau LIHAT ALAT MUSIK MELAYU
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar