Skip to main content

Akhirnya Facebook Juga Mengelola Bitcoin


Facebook - Memasuki tahun 2020 tentu akan banyak yang berubah, termasuk ketersediaan layanan tambahan pada aplikasi media sosial. Sebut saja facebook yang pada bulan juni 2019 mengumumkan akan meluncurkan Calibra, semacam uang digital untuk pembayaran online dibeberapa merchant rekanan facebook. Layanan ini seperti penggunaan koin digital atau (cryptocurrency) yang sudah dikembangkannya setahun terakhir. Cryptocurrency tersebut diberi nama Libra dan diluncurkan semester I-2020.

Rencananya Libra akan menjadi token digital yang digunakan untuk transfer uang di dunia maya dan berbelanja di merchant rekanan Facebook. Anda bisa menggunakan layanan ini dengan terlebih dahulu membeli token di bursa penukaran cryptocurrency dan menyimpannya dompet digital yang bernama Calibra. Dompet digital ini akan dikaitkan dengan WhatsApp dan FB Messenger. Calibra juga akan menjadi aplikasi mandiri untuk ponsel Android dan iOS.

Seperti dikutif dari laman cnbc Indonesia, Libra memiliki kesamaan dengan Bitcoin karena sama-sama berbasis blockchain. Namun, Libra juga memiliki segudang perbedaan dengan Bitcoin. Bila Bitcoin bebas beredar di pasar dan tanpa pengelola, maka Libra dikelola dan dikendalikan oleh lembaga nirlaba bernama Libra Association yang berkantor di Jenewa, Swiss, dan memiliki 28 anggota termasuk Facebook, PayPal, Uber, Mastercard hingga Visa.

Untuk menjadi anggota Libra Association, calon anggota harus menyetorkan dana sebesar US$10 juta. Libra ini akan berfungsi layaknya sebuah bank sentral. Menurut White Paper yang dipublikasikan, sebelum diterbitkan semester I-2020, keanggotaannya ditargetkan menjadi 100 entitas.

Nilai tukar Bitcoin sangat fluktuatif karena mekanisme harga diserahkan kepada pasar. Harga koin Libra akan lebih stabil karena nilai tukarnya dikaitkan dengan mata uang resmi seperti dolar Amerika Serikat (AS), euro, dan yen. Contohnya, US$1 sama dengan Rp 15.000 maka 1 koin Libra akan setara Rp 15.500.

Bitcoin tidak memiliki aset dasar yang menjaminnya, Libra punya. Aset dasar Libra termasuk deposito bank dan surat berharga jangka pendek dan dipegang oleh network of custodian yang dikendalikan Libra Association. Adanya aset dasar ini untuk mendapatkan kepercayaan dari pengguna karena Libra tidak bisa digunakan untuk spekulasi seperti di Bitcoin.

Dari sisi privasi dan keamanan, Bitcoin bisa ditransaksikan secara anonim sedangkan Libra tidak bisa. Pasalnya, transaksi harus menggunakan Calibra dan pengguna harus melalui proses "know your customer". Proses ini merupakan proses memverifikasi identitas pengguna untuk mencegah kejahatan di sektor keuangan. Itu berarti siapa pun yang mendaftar harus mendaftarkan ID resmi yang dikeluarkan pemerintah dan informasi pribadi lainnya.

Bagaimanapun hebat dan amannya layanan ini, tetap saja menyimpan misteri di dalamnya. Banyak orang melihat bahwa facebook ingin menguasai pasar dunia digital. Ketika teknologi semakin berkembang, maka semua ada dibawah kekuasaan orang-orang tertentu dibelakang facebook. Mereka berambisi untuk menguasai pasar digital dunia yang terintegrasi dalam satu tangan (kekuasaan). Sekilas layanan ini nampak keren, tapi bagaimanapun kita juga harus bijak dalam hidup didunia maya atau dunia nyata. Tidak semua yang bagus itu cocok untuk kita.
Mau beli alat musik tradisional Kalimantan?
hubungi: 0898 8566 886 - 0811 5686 886.
Mau Lihat alat musiknya? klik link berikut
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK atau LIHAT ALAT MUSIK MELAYU
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar