--> Skip to main content

Musik Jaja Nyango Dayak Kanayatn

Musik Dayak Kanayatn - Musik Jaja Nyango termasuk dalam Rumpun Musik Ngaranto yang diciptakan oleh Dayakng Dadompa. Dia mempelajari langsung dari Bang Kire Pamaliatn Subayatn. Irama musik ini dibagi menjadi sembilan belas bagian, salah satunya adalah musik Jaja Nyango.

Musik Jaja Nyango merupakan tabuhan pendek dengan sekuen turun pada dau we'nya. Sekilas musik jaja nyango terdengar seperti pengulangan harafiah, namun perpindahan tonika yang menggunakan sekuen turun membuat perbedaan pada motif tabuhannya, sehingga rasa musikal juga akan memberikan nuansa berbeda pada dua motif pendek tersebut.



Video by : Channel Mbah Dinan
Dokumentasi Mbah Dinan

Permain musik jaja nyango pada Dau Naknya hanya memainkan satu motif dengan pola sincopasi. Namun karena kerapatan pola ritme yang dimainkan terkesan motif tabuhan naknya terdengar seperti permainan on beat. Fungsi permainan motif naknya ini sebagai rhytm section atau memberi variasi tabuhan pada dau we'nya.





Mau beli alat musik tradisional Kalimantan?
hubungi: 0898 8566 886 - 0811 5686 886.
Mau Lihat alat musiknya? klik link berikut
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK atau LIHAT ALAT MUSIK MELAYU
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar