Skip to main content

Musik Bawakng Panca Dayak Kanayatn

Musik Dayak Kanayatn - Musik Bawakng Panca Dayak Kanayatn termasuk dalam rumpun musik Bawakng dalam tradisi musik Dayak Kanayatn. Tabuhan musik Bawakng dalam rumpun ini mempunyai tujuh tabuhan, salah satunya adalah Musik Bawakng Panca.

Tabuhan Bawakng Panca merupakan motif pendek yang dimain dalam dua tabuhan, Tabuhan Dau We'nya (induk) dan tabuhan Dau Naknya (anak). Tabuhan Bawakng Panca pada Dau We'nya adalah motif dasar musik yang berfungsi sebagai melodi, sedang tabuhan Bawakng Panca pada Dau Naknya merupakan ritem yang berfungsi memberi variasi. Katika dua tabuhan ini dimainkan akan membentuk pola sincopasi (imbal).



Video Cahnnel : Channel Mbah Dinan
Dokumentasi Mbah Dinan

Semua tabuhan dalma tradisi Musik Dayak Kanayatn kebanyakn berupa motif pendek yang hanya mengisi penuh dua ruang birama. Namun ada juga yang mengisi penuh sampai empat ruang birama yang dianggap motif panjang. Pengembangan pola tabuhan biasanya memainkan sekuen turun dengan memindahkan tonika ke Anak Dau paling bawah yang bernada sol rendah untuk membentuk nuansa berbeda dengan tabuhan sebelumnya.


Mau beli alat musik tradisional Kalimantan?
hubungi: 0898 8566 886 - 0811 5686 886.
Mau Lihat alat musiknya? klik link berikut
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK atau LIHAT ALAT MUSIK MELAYU
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar