ADMIN

MBAHDINAN.COM

Mbah Dinan : Komposer musik Dayak dan peneliti independen budaya musik etnis Kalimantan Barat.
Email:
mbahdinan86@gmail.com
Kontak:
0898 8566 886
0811 5686 886
Blog Seni Budaya Kalbar

Informasi seni budaya bumi enggang khatulistiwa

Penjualan Alat Musik Dayak

Penjualan satu set Alat Musik Dayak Kalimantan Barat

Penjualan Alat Musik Melayu

Penjualan satu set Alat Musik Melayu Kalimantan Barat

KUYANG: Hantu Penghisap Darah dari Kalimantan

Apa itu Kuyang?

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Kuyang adalah siluman berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang untuk mencari darah bayi atau darah wanita setelah melahirkan. Kuyang sebenarnya adalah manusia (wanita) yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.

Pada siang hari, manusia kuyang akan menempuh hidup sehari-hari sebagaimana orang biasa, tetapi biasanya ia mengenakan pakaian jubah. Pada malam hari kuyang akan terbang untuk mencari darah bayi atau darah persalinan untuk dihisap sebagai sarana menambah kekuatan ilmunya. Orang yang melihat kuyang terbang biasanya melihatnya seperti burung besar.
Kuyang mempunyai nama lain di daerah luar Kalimantan. Orang Sumatera menyebutnya Palasik dan orang Bali menyebutnya Leak. Wujudnya sama, sesosok kepala dengan organ dalam manusia tanpa kulit yang bisa terbang dalam mencari mangsa. Dia merupakan sosok perempuan, karena ilmu hitam Kuyang tidak bisa dituntut oleh lelaki.

Cerita mengenai Kuyang

Banyak cerita yang beredar mengenai Kuyang namun semuanya kabur akan kebenaran. Cerita yang beredar banyak juga ditambah atau malah tidak lengkap sama sekali. Ini karena yang bercerita tidak mengetahui tentang Kuyang sebenarnya. Sebenarnya Kuyang sangat sedikit sekali cerita yang berkaitan dengan kegaibannya seperti diceritakan banyak orang. Malah faktanya akan masuk logika kalau anda baca secara menyeluruh artikel ini.


Anda bisa mendengar cerita tentang Kuyang atau kejadian mengenai Kuyang yang mencari mangsa disuatu daerah. Namun ingat bahwa cerita itu tidak sepenuhnya benar, namun tidak juga cerita itu bohong belaka. Artinya anda harus pintar dalam memikirkan dan menanggapi cerita tersebut. Saya akan jabarkan tentang Kuyang agar anda bisa memahaminya secara benar, bukan menyesatkan.

Sebagai referensi silahkan anda tonton video youtube berikut ini.
https://www.youtube.com/watch?v=w3nPpdRAfww
https://www.youtube.com/watch?v=89CSXYOo4qo

Meluruskan Persepsi tentang Kuyang

Saya akan luruskan persepsi yang menurut saya kurang tepat mengenai Kuyang. Kuyang atau Hantu Kuyang itu sebenarnya manusia juga, namun dia menuntut ilmu hitam yang mengharuskan dia meminum darah manusia sehabis bersalin atau melahirkan. Tujuan ilmu hitam yang dipelajari agar terlihat tetap muda dan cantik, mempunyai umur panjang, dan sebagian karena pesugihan. Kalau menuntut ilmu hitam agar hidup abadi seperti yang dituliskan dalam wikipedia itu sebenarnya tidak semuanya benar dan sejalan dengan logika.

Kuyang hidup seperti manusia biasa pada siang harinya, namun tidak berpakaian jubah seperti tertulis dalam wikipedia. Saya tidak pernah menemui orang cerita bahwa Kuyang pada siang hari berbaju jubah. Kebanyakan cerita orang pintar dan masyarakat umum di Banjarmasin (mungkin di semua daerah Kalimantan) dia berpakaian biasa, bekerja seperti biasa, hidup seperti biasa, dan menjadi manusia biasa. Hanya saja ada waktu-waktu tertentu dia merasa haus dan harus meminum darah orang melahirkan atau bayi yang keguguran atau.

Ketika waktunya tiba, Kuyang harus meminum darah untuk menghilangkan rasa dahaga dan sakit di sekujur tubuhnya. Awalnya rasa sakit itu di daerah tenggorokan, lalu menjalar ke sekujur tubuh. Ketika dia mendapat tanda harus meminum darah berupa sakit tenggorokan, maka dia akan berkeliaran malam harinya mencari mangsa.


Sebagian mesyarakat mengatakan bahwa Kuyang akan mengintai atau mencari informasi orang yang akan melahirkan di daerah tertentu sebelum dia beraksi. Setelah dia mengetahui letak orang yang akan melahirkan, maka dia akan menunggu waktu kelahiran dan siap menjalankan aksinya. Hebatnya Kuyang kalau melihat orang hamil bisa mengetahui kapan orang itu akan melahirkan. Bahkan ada yang bilang Kuyang bisa melihat bayi yang ada dalam kandungan.

Apakah Kuyang Karena Menuntut Ilmu Hitam?

Tidak semua Kuayang karena menuntut ilmu hitam. Ada juga manusia menjadi Kuyang karena Keturunan atau terpaksa mewarisi ilmu hitam yang dituntut oleh orang tua atau keluarga sebelumnya. Katika orang tua atau keluarga itu akan meninggal (saat sakaratul maut), maka sebagian pendapat mengatakan harus ada orang pengganti ilmu hitam tersebut. Kalau tidak dia akan sengsara dan seperti mayat hidup di atas kasur selama 100 hari sebelum ajal menjemput. Untuk menutupi aib keluarga ini biasanya ada keluarga lain yang menerima waris dari ilmu hitam itu.

Ada juga manusia Kuyang kena turunan ilmu hitam tanpa sengaja. Artinya orang ini dapat pulung ilmu hitam yang akan masuk dalam dirinya tanpa disadari. Biasanya dari kalangan keluarga. Hal ini karena saat menuntut ilmu hitam itu dia mengucapkan sumpah dan berjanji akan menurunkan secara langsung kepada anak, saudara, dan keluarga lainnya yang masih bayi. Nah, manusia Kuyang seperti ini adalah korban dari kebiadaban sipenuntut ilmu hitam tersebut. Namun orang yang terkena waris langsung itu bisa diobati atau ilmu hitamnya bisa dibuang.

Ciri-ciri Manusia Kuyang

  1. Manusia yang menuntut ilmu Kuyang biasanya mempunyai garis melingkar di leher seperti goresan pisau. Tanda itu melingkar disekeliling lehar menyerupai bekas luka tergores pisau. Itu tanda bahwa manusia Kuyang melepaskan kepala dan organ dalam tubuhnya atau memisahkan raganya dari badan.
  2. Jika Kuyang haus darah, maka dibawah pupil mata akan terlihat merah, seperti iritasi. Namun tanda ini biasanya samar karena hanya berupa garis merah melengkung sesuai lekukan bagian kelopak bawah mata. Itu sebagai tanda kalau dia bercermin dan melihat itu, maka itu tandanya ilmu hitam menuntut untuk diberi minum darah manusia melahirkan atau bayi.
  3. Manusia Kuyang tidak mengambil nasi dari tempatnya (ketika memindahkan kepiring) menggunakan centong nasi dari kayu. Centong nasi bisa membuatnya lemah dan tidak berdaya.
  4. Kuyang tidak bisa mendekat dengan bawang merah dan itu satu-satunya yang bisa membuat matanya perih dan mengeluarkan darah.
  5. Kuyang paling suka dengan minuman berwarna merah, oleh karena itu ketika rasa haus datang dan ketika dia melihat orang meminum minuman merah (syrup merah) dia akan merasa sangat kepingin sampai mengeluarkan lius saking inginnya.
  6. Kuyang takut dengan sapu ijuk, karena itu juga bisa melemahkan dan membuatnya tidak berdaya. Oleh karena itu sudah kemungkinan besar di rumah manusia Kuyang tidak mempunyai sapu ijuk.
  7. Kuyang saat haus darah lehernya akan terlihat memerah, jika tidak akan terlihat banyak bintik merah. Tanda merah ini akan menjalar ke sekujur tubuh jika tidak diberi minum darah dengan rasa gatal yang luar biasa.
Tanda itu tidak mutlak, jika anda mendapati orang dengan tanda diatas belum tentu dia Kuyang. Saya yakin pembaca akan bijak dalam menyikapinya. Intinya jangan sesat dengan ketakutan dan persepsi liar anda. Salah sangka malah bisa menimbulkan kegaduhan dimasyarakat nantinya. Kalau sudah begitu anda juga yang repot nantinya. Kenapa ciri-ciri manusia Kuyang saya tuliskan, ini hanya untuk menambah pengetahuan anda saja. Namun anda jangan bersikap sok tau kalau tidak ada ilmu batinnya.

Artikel ini bersambung ke tulisan saya yang berjudul Cara Kuyang Beraksi dan Penangkalnya. Silahkan baca agar anda memahami betul tentang Kuyang dan cara menangkalnya.
Mau beli alat musik Dayak Kalimantan Barat? hubungi admin di +62 898 8566 886 - +62 811 5686 886. Atau Mau Lihat alat musiknya? klik link berikut
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK atau LIHAT ALAT MUSIK MELAYU

You Might Also Like:

Disqus Comments

GET UPDATES