ADMIN

MBAHDINAN.COM

Mbah Dinan : Komposer musik Dayak dan peneliti independen budaya musik etnis Kalimantan Barat.
Email:
mbahdinan86@gmail.com
Kontak:
0898 8566 886
0811 5686 886
Blog Seni Budaya Kalbar

Informasi seni budaya bumi enggang khatulistiwa

Penjualan Alat Musik Dayak

Penjualan satu set Alat Musik Dayak Kalimantan Barat

Penjualan Alat Musik Melayu

Penjualan satu set Alat Musik Melayu Kalimantan Barat

Cara Kuyang Beraksi dan Penangkalnya

Bagaimana Kuyang Beraksi?

Kuyang akan mencari mangsa setelah merasa sakitnya haus yang hanya bisa hilang dengan darah orang melahirkan atau bayi. Menurut cerita orang pintar, kepala manusia Kuyang akan keluar beserta oragan dalam tubuhnya. Dia meninggalkan tubuh dibalik pintu belakang rumah atau dibalik jendela yang terbuka. Ini karena ada pendapat bahwa Kuyang saat keluar mencari mangsa tidak boleh melalui pintu depan rumah. Kuyang akan kembali kerumah sebelum fajar.


Secara logika ketika kepala dan organ dalam Kuyang keluar tubuh, maka dia tidak bisa membuka pintu, makanya ketika Kuyang beraksi selalu menempatkan badannya dibelakang pintu atau jendela yang terbuka. Kenapa dia tidak menempatkannya di dalam kamar atau ruangan lain yang aman? ini karena Kuyang tidak bisa melewati peralatan dapur tertentu (seperti centong nasi) dalam rumah yang bisa membuatnya lemah dan tidak berdaya.
Beberapa orang pintar mengatakan kalau Kuyang tidak mengambil nasi menggunakan centong nasi dari wadahnya, namun dia mengambil nasi dengan menggunakan tangan. Kalaupun dia menggunakan centong nasi, itu bukan centong nasi yang terbuat dari kayu kelapa, tapi dari plastik. Ini juga alasan beberapa orang yang mengatakan bahwa ketika Kuyang terbang mencari mangsa dia tidak pernah hinggap atau bersembunyi dipohon kelapa.

Cara Menangkal Kuyang dengan Metode Rukyah Mandiri Sederhana

Pengetahuan ini saya dapatkan dari penuturan masyarakat Kalimantan dan tokoh masyarakat yang saya anggap mempunyai Ilmu mumpuni dan mengerti masalah batiniah. Selain itu ada juga beberapa kebiasaan laku ritual yang dituturkan untuk menangkal Kuyang. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menangkal Kuyang. Ini menurut versi saya dalam agama islam. Kalau untuk agama lain di sesuaikan saja menurut keyakinannya.
  1. Jika ada wanita hamil sebaiknya banyak dibacakan ayat suci Al Qur'an, seperti Ayat Kursi, Surah Yasin, dan lain sebagainya. Selain untuk menangkal pengaruh jahat, cara ini juga agar anak anda cerdas, tampan, dan menjadi anak sholeh dan sholehah.
  2. Ketika hendak melahirkan bacakan Ayat kursi pada empat sudut ruangan. Baca satu kali lalu tiupkan. Lakukan sampai ke empat sudut ruangngan.
  3. Jika ada tanda wanita mau melahirkan, sebaiknya lakukan rukyah mandiri. Caranya bacakan Istigfar 3x, Bismillahirrohmanirrohim 21x, sholawat 3x, Surah Al Fatihah 1x, 1-5 Surah Al Baqarah, Ayat Kursi 1x, 3 Ayat terakhir Surah Al Baqarah, dilanjutkan dengan membaca Surah Al Ikhlas 3x, Surah Al Falaq 3x, dan Surah An Naas 3x. Selanjutnya tiupkan pada kedua telapak tangan anda dan usapkan kesekujur tubuh anda dari muka sampai ke kaki. Usapkan saja pada bagian depan, maka secara otomatis itu akan meresap ke selruh tubuh anda dan menjadi benteng pertahan anda dari pengeruh jahat jin, setan, dan manusia. 
  4. Sekiranya tidak membertakan baca sekali rukyah mandiri sekali lagi lalu tiupkan sekeliling rumah dari kanan kekiri. Anda cukup meniup tanpa beranjak dari tempat anda (hanya memutar kepala sambil menupkannya). Kalau sekiranya tidak berat baca lagi baca lagi lalu tiupkan dari kepala sampai kekaki.
  5. Sekiranya tidak membertakan baca sekali rukyah mandiri sekali lagi lalu tiupkan ke badan orang yang mau melahirkan dari ujung kepala sampai ujung kaki. 
  6. Jika anda berat melakukannya karena alasan tertentu, maka baca sekali saja rukyah mandiri, lalu tiupkan ke tangan dan usapkan kesekujur badan anda, lalu tiupkan kesekeliling rumah, dan tiupkan juga dari ujung kepala sampai ujung kaki orang yang mau melahirkan.
  7. Jika yang melahirkan bukan istri atau saudara anda, tentu akan susah masuk dalam kamar bersalin. Maka bacakan rukyah mandiri pada air lalu berikan pada yang mau melahirkan sebagai air minumnya.
  8. Sementara melahirkan sebaiknya ada orang yang terus membaca ayat suci Al Quran atau berdoa untuk keselamatan
  9. Ingat... berserah kepada Allah SWT karena dari DIA datang pertolongan dan yakin tidak ada yang sanggup mencelakakan dari langit atau dari bumi kecuali atas Kehendak dan Kuasa Allah.


Cara Menangkal Kuyang Menurut Kebiasaan Masyarakat Kalimantan (berlaku di beberapa daerah/ tidak keseluruhan)

  1. Ketika hamil muda atau tua dilarang membunuh binatang dan berjelan didekat hutan atau keluar dimalam hari. Terkecuali ada urusan yang sangat mendesak dan harus di kawal.
  2. Rumah usahakan jangan Kotor karena itu akan disenangi Kuyang dan akan memudahkan dia masuk rumah anda
  3. Mejlang hamil tua (masuk 7 bulan) buat tempat kecil (dari mangkok atau apa saja yang bisa menampung) untuk menampung bawang merah minimal 3 biji (jumlah terserah), pisau dapur atau gunting satu buah, kaca atau cermin kecil 1 buah, Garam secukupnya, lalu masukkan pada tempat tadi. Kemudian letakkan dibawah kasur. Bila kasurnya rendah atau langsung diatas lantai, maka letakkan di bawah jendela. Lakukan juga hal ini ketika melahirkan.
  4. Siaga penuh ketika akan melahirkan.
  5. Bikin api unggun di halaman rumah depan dan belakang. Ini untuk menandakan bahwa kita bersiaga dari hal jahat dan gaib yang akan mengganggu proses persalinan.
  6. Ingat... berserah kepada Allah SWT karena dari DIA datang pertolongan dan yakin tidak ada yang sanggup mencelakakan dari langit atau dari bumi kecuali atas Kehendak dan Kuasa Allah.
Itulah beberapa cara menangkal Kuyang. Maaf, saya hanya meyakini cara rukyah mandiri sederhana. Alasannya selain mendapat kebaikan dari bacaan juga bermanfaat untuk benteng kejahatan jin, setan, dan manusia. Selain itu cara rukyah mandiri itu sesuai dengan ajaran Islam. Sekali lagi maaf bagi yang bergama non muslim. Silahkan sesuaikan dengan keyakinan masing-masing. Sengaja tidak saya kupas cara menangkal kejahatan Kuyang menurut agama lain, karena saya tidak mengetahuinya. Intinya semua pertolingan itu datang dari Tuhan, maka berserahlah kepada Tuhan menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
Mau beli alat musik Dayak Kalimantan Barat?
hubungi admin di +62 898 8566 886 - +62 811 5686 886
Mau Lihat alat musiknya? klik link berikut
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK atau LIHAT ALAT MUSIK MELAYU

You Might Also Like:

Disqus Comments

GET UPDATES