Blog Mbah Dinan

Fakta Unik dan Eksotis Kota Singkawang

Singkawang Hongkong Kecilnya Indonesia

Singkawang terkenal dengan kota seribu klenteng dan singkawang sering disebut dengan hongkong kecilnya Indonesia. Berjuta keunikan Kota Singkawang bisa anda nikmati ketika anda mulai masuk kota ini, karena tampilan Kota Singkawang yang sampai sekarang seperti kota yang ada di beberapa tempat di daratan Cina, kuliner khas oriental yang menawarkan kelezatan rasa spektakuler, sampai kehidupan masyarakatnya yang unik dan kental dengan budaya thionghoa. Semua itu membuat Kota Singkawang benar-benar seperti sepetak Hongkong yang ada di Indonesia.

Sekarang mari kita intip apa saja fakta unik dan menarik dari kota Singkawang. Apa saja keunikan dan hal menarik yang bisa dinikmati di Kota Singkawang sebagai sajian perjalanan menyenangkan anda. Sebelumnya siapkan kopi, rokok, dan cemilan biar santai membacanya. Ini dia fakta unik dan menarik di Kota Singkawang, Hongkong kecilnya Indonesia.

Klenteng yang berdekatan dengan Masjid Jami Singkawang

Ini menandakan bahwa Singkawang adalah kota dimana toleransinya berjalan dengan baik. Makanya wajar kalau Singkawang dinobatkan sebagai Kota Paling Toleran oleh pemerintah Indonesia tahun 2018. Selain aman-aman saja bisa antai juga sambil ngopi yang rasanya selangit.

Festival Tatung Singkawang

Festival tatung setiap hari ke 15 tahun baru cina atau setelah imlek. Festival tatung ini satu-satunya di dunia, karena ditempat asalnya sana (tiongkok) tradisi ini sudah tidak dijalankan lagi. Jadi sekarang Festival tatung singkawang menjadi festival tatung terbesar di dunia.



Kecantikan Amoi Singkawang Berwajah Oriental

Ngomongin masalah kecantikan dan keunikan wajah amoy singkawang, dijamin gak bosan. Jadi mending anda datang dan lihat sendiri amoy cantik di kota singkawang. Konon kabarnya amoy tercantik ada di sana. Yang wajahnya oriental banget lho ya gan. Kalau amoy pasaran sih banyak.



Lorong Kota dan Bangunan bergaya Cina di Kota Singkawang

Patung naga dan bangunan bergaya cina jaman dulu masih ada di singkawang. Uniknya, kebanyakan orang yang baru pertama kali keliling kota singkawang kebanyakan bingung. Karena jalan yang banyak memutar serta banyak lorong yang katanya membingungkan. Tapi kalau udah bisa sih lancar-lancar aja boss..



Arsitektur rumah bergaya Cina di Kota Singkawang

Ada rumah cina tertua di Indonesia. Umurnya sekitar 200an tahun (kalau gak salah). Tapi yang jelas keunikan rumah ini adalah oriental banget ban. Rumah ini juga termasuk cagar budaya, walau masih ada penghuni aslinya sampai sekarang.



Geliat pasar Hongkong Singkawang dimalam hari

Pernah dengar pasar hongkong gak gan? di Indonesia, cuma ada di singkawang. Makanya wajar kalau singkawang mendapat gelar Hongkongnya Indonesia. Uniknya pasar ini hanya ramai pada malam hari. Kalau siang? ya ramai juga sih. hehehehe



Mie Cina rasa oriental Sngkawang yang tidak ada di tempat lain

Mie cina atau bakmi singkawang yang rasanya sangat lezat. Bakmi ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Thionghoa di seluruh Indonesia. Makanya wajar kalau singkawang adalah tempat surganya pecinta kuliner.



Keramik bergaya dinasty tsung dan ming di Kota Singkawang

Ngomongin masalah keramik, singkawang adalah tempat paling terkenal keramiknya. Kebanyakan penghasil keramik daerah lain sudah hafal dengan kota singkawang, karena mereka banyak pesan tanah liat dari singkawang. Katanya tanah liat kota singkawang sangat baik untuk bahan keramik dan ini hanya ada di singkawang. Kalau ke singkawang jangan lupa lihat tungku naga tempat pembakaran keramik khas singkawang.



Pantai indah di sekitaran Kota Singkawang

Masalah pantai kota singkawang tidak terlalu menonjol banget, namun pantai bersih dan masih sangat nyaman untuk disambangi. Yang jelas banyak spot indah, banyak pantainya, dan banyak santainya. heee



Gunung unik yang cukup menarik untuk didaki

Gunung atau bukit telunjuk yang unik untuk di daki. Masyarakat sekitar gunung yang ramah dan bersahaja, selalu saja menyisipkan cerita rindu yang  baru untuk dikunjungi. Kalau udah sampai atas pemandangannya cukup indah. Dijamin asik dan menarik untuk di daki.



Danau kecil yang cukup romantis untuk dikunjungi

Danau biru namanya. Danau yang terbentuk dari bekas tambang emas ini juga cukup menarik untuk berselfie ria dan santai sejenak melepas lelah. Letaknya tidak jauh dari kota singkawang, sekitar 10 menit perjalanan. Jangan mandi di sana ya gan, karena takut masih ada mercurinya.



Pulau cantik di singkawang untuk jiwa para petualang

Pulau randayan yang cantik dan eksotis, sungguh keindahan pulau kecil yang damai dan sanggup membelai damai jiwa petualang. Letaknya juga tidak jauh dari singkawang. Nongkrong sore hari, ngopi, sambil gitaran enak kali gan ya. Pas malam tiba sekalian bakar ikan. mantab kan?



Pulau terkecil di dunia

Pulau simping adalah pulau terkecil di dunia yang diakui PBB. Dulunya ada penduduk di sana yang mendiami pulau simping. Lama kelamaan penduduk pindah karena pulau abrasi sampai mengcil seperti sekarang ini. Namun pulau ini masih tercatat dalam data PBB, maka dari itu dianggap pulau terkecil di dunia. Yang jelas pulau terkecil ini berdampingan dengan pulau Kalimantan yang merupakan pulau terbesar di Indonesia.



Jadi kapan mau ke Singkawang, dijamini asik dan menyenangkan. Sengaja saya tidak menceritakan banyak mengenai keunikan dan hal menarik di Kota Singkawang, agar kalian bisa merasakannya sendiri ketika datang ke Singkawang. Jika penasaran dan ingin ke Singkawang, kami siap menemani dan kita bercerita tentang serubu bintang serta petualang kita lainnya. Ditunggu kedatangan dan kehadiran jiwa petualang anda di Kota Singkawang Kalimantan Barat.

Sumber foto jalan2 - mytrip - trip advisor - wisata pantai temajuk - trip trus - setya winnie - hardrock fm - detik one - djavavista - wisata lengkap - bombastis

Mau beli alat musik Dayak Kalimantan Barat?
hubungi admin di +62 898 8566 886
Comment Policy : Silahkan tulis komentar Anda sesuai topik artikel ini. Komentar berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih

Buka Komentar Tutup Komentar

Disqus Comments