ADMIN

MBAHDINAN.COM

Mbah Dinan : Komposer musik Dayak dan peneliti independen budaya musik etnis Kalimantan Barat.
Email:
mbahdinan86@gmail.com
Kontak:
0898 8566 886
0811 5686 886
Blog Seni Budaya Kalbar

Informasi seni budaya bumi enggang khatulistiwa

Penjualan Alat Musik Dayak

Penjualan satu set Alat Musik Dayak Kalimantan Barat

Penjualan Alat Musik Melayu

Penjualan satu set Alat Musik Melayu Kalimantan Barat

Realitas Semboyan Dayak Nasional

Semboyan Dayak Nasional

Masyarakat Dayak mempunyai semboyan sebagai falsafah kehidupan. Semboayan ini menjadi sebuah penuntun hidup orang Dayak secara umum untuk memaknai hidup sebagai manusia seutuhnya. Inilah pangkal hidup manusia Dayak sesungguhnya, seperti tercermin dalam semboyan Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata.

Arti Semboyan

  1. Adil Ka’ Talino : Adil kepada semua manusia, artinya manusia Dayak harus bersikap adil kepada seluruh manusia tanpa pandang bulu.
  2. Bacuramin Ka’ Saruga : Bersikap atau berbuat seperti kehidupan Surga (perbuatan-perbuatan yang baik). Artinya manusia Dayak harus bersikap dan bertingkahlaku baik dalam kehidupannya.
  3. Basengat Ka’ Jubata : Hidup bernafaskan aturan dan kehendak Tuhan. Kehidupan manusia Dayak harus berdasarkan aturan Tuhan untuk mencapai kebaikan sesuai dengan kehendak Tuhan yang menginginkan manusia menjadi baik dalam pengertian sesungguhnya. .
Realitas semboyan itu merupakan tiang hidup manusia Dayak secara nasional. Dia menjadi petokan bertingkahlaku dan bersikap dalam interaksi sesama manusia dimanapun dia berada. Melalui tiga kalimat bijak tersebut, manusia Dayak berjalan diatas dunia dengan bijak, bertanggungjawab dan bermartabat. Dengan berpegang pada semboyan tersebut, mereka dalam menjadi manusia yang sesungguhnya.

Pengejawantahan dalam Kehdupan

Dinamika kehidupan masyarakat Dayak yang bersahaja dan mau menerima apa adanya adalah kehidupan merupakan representasi keselarasan hidup masyarakat yang berpangkal dari rasa adil dan saling menghargai. Rasa adil dan saling menghargai ini terbawa sampai orang Dayak hidup di luar lingkungan mereka atau hidup dengan orang lain. Mereka selalu bersyukur atas apa yang mereka dapat dan selalu menghormati segala bentuk pemberian, karena mereka menganggap bahwa semua itu dari Tuhan. Seperti kata pepatah Adil Ka’ Talino yang artinya adil kepada manusia.

Keselarasan antara usaha dan tingkah laku religius merupakan dua hal penting dalam kehidupan masyarakat Dayak. Ia merupakan sebuah tatanan kehidupan yang harus dijalankan oleh masyarakatnya. Artinya setiap tingkah laku orang Dayak harus disertai dengan keluhuran budi sebagai cermin ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Keluhuran budi itu adalah cermin kehidupan syurga yang dijadikan pondasi kebaikan dalam hidup mereka. Seperti kata pepatah Bacuramin Ka’ Saruga yang artinya Bercermin kepada Surga.

Hidup manusia Dayak harus selaras dengan ajaran Tuhan. Keselarasan hidup dengan nilai-nilai religi ini diaplikasikan dalam setiap napas kehidupan, baik sosial maupun ekonomi. Mereka menganggap bahwa berusaha dalam hidup itu adalah perjuangan suci dan tidak boleh dicampur dengan keburukan pemikiran, perbuatan, bahkan dalam niat sekalipun. Mereka menganggap segala sesuatu dalam hidup adalah kehendak Tuhan, dan kehendak Tuhan berupa kebaikan hidup secara utuh yang harus dipilih dan dijalankan. Inilah landasan hidup sesungguhnya yang sesuai dengan kehendak Tuhan agar manusia itu baik dalam artian sesungguhnya. Seperti kata pepatah Basengat Ka’ Jubata yang artinya Bernapas Kepada Jubata (Tuhan).

Kalau kalian bertanya kenapa orang Dayak hidup sederhana dan selalu dekat dengan alam? ini karena orang Dayak menghargai semua ciptaan Tuhan dan selalu bersyukur atas apa yang mereka dapatkan. Mereka cukup bahagia dalam kesederhanaan. Karena letak kebahagian sesungguhnya bukan dalam suatu hal yang berlebihan, namun dalam kesederhanaan dan kebaikan.
Mau beli alat musik Dayak Kalimantan Barat?
hubungi admin di +62 898 8566 886 - +62 811 5686 886
Mau Lihat alat musiknya? klik link berikut
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK atau LIHAT ALAT MUSIK MELAYU

You Might Also Like:

Disqus Comments

GET UPDATES