ADMIN

MBAHDINAN.COM

Mbah Dinan : Komposer musik Dayak dan peneliti independen budaya musik etnis Kalimantan Barat.
Email:
mbahdinan86@gmail.com
Kontak:
0898 8566 886
0811 5686 886
Blog Seni Budaya Kalbar

Informasi seni budaya bumi enggang khatulistiwa

Penjualan Alat Musik Dayak

Penjualan satu set Alat Musik Dayak Kalimantan Barat

Penjualan Alat Musik Melayu

Penjualan satu set Alat Musik Melayu Kalimantan Barat

Sebenarnya Burung Enggang Mana yang Menjadi Maskot Kalbar?

Burung Enggang Gading

Burung Enggang Gading adalah burung perkasa sebagai lambang penguasa dunia atas dalam kepercayaan masyarakat Dayak Kanayatn Kalimantan Barat. Burung Enggang Gading Kalimantan merupakan jenis rangkong terbesar dari 14 spesies yang terdapat di Indoensia, baik ukuran paruh, kepala, tanduk yang menutupi bagian dahinya, termasuk ukuran badannya.

Burung Enggang Gading Kalimantan pada usia muda mempunyai paruh dan mahkota berwarna putih. Semakin tua, paruh dan mahkotanya berubah menjadi warna oranye cerah kemerahan. Hal ini karena burung enggang borneo sering menggesekkan paruh pada kelenjar penghasil warna oranye kemerahan yang terdapat dibawah ekornya. Burung enggang menyukai daun Ara sebagai makanan favoritnya, dia juga memakan serangga dan binatang kecil lainnya.

Burung Enggang Gading Maskot Kalbar

Kebanyakan orang salah persepsi mengenai burung Enggang Mana yang menjadi maskot Kalbar. Hal ini karena populernya gambar burung Enggang Badak yang dipakai sebagai gambar, logo, bahkan terpahat megah di beberapa bangunan pemerintah Kalimantan Barat. Akhirnya menyebabkan masyarakat hanya mengetahui bahwa Burung Enggang Badak itulah yang menjadi maskot Kalbar. Padahal maskot Kalbar sesungguhnya adalah Burung Enggang Gading, bukan burung Enggang Badak seperti umumnya difahami orang banyak.

Burung Enggang Gading merupakan Maskot Provinsi Kalimantan Barat (Rhinoplax vigil) resmi tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 48 Tahun 1989. Burung Enggang Gading termasuk burung yang dilindungi oleh undang-undang karena populasinya semakin sedikit.

Sekarang mari kita amati lebih jauh mengenai burung Enggang yang menjadi Maskot Kalbar. Kebanyakan orang memahami bahwa burung Enggang sebagai Maskot Kalbar mempunyai tanduk memanjang dibagian kepalanya. Sebenarnya bukan tanduk, tapi bagian dari paruh yang disebut balung (casque).

Burung dengan balung panjang ini namanya Enggang Badak (Buceros rhinoceros) yang merupakan saudara dari Enggang Gading (Rhinoplax vigil). Dua jenis Enggang ini hidup berdampingan di Kalimantan Barat. Maskot Kalbar sebenarnya adalah Burung Enggang Gading, bukan Enggang Badak. Lebih Jelasnya lihat gambar Maskot Kalbar di bawah ini.



Setelah mengamati maskot Kalbar di atas, kita mengetahui bahwa ciri utamanya adalah pada balung (yang sering disebut tandung oleh masyarakat umum) dan pada ekor tengah yang memanjang. Sekarang kita bandingkan dengan gambar di bawah ini.



Banyak orang menganggap bahwa Enggang sebagai Maskot Kalbar itu Enggang sebelah kiri gambar di atas. Padahal yang benar adalah Enggang sebelah kanan pada gambar di atas. Dengan mengamati kembali gambar Enggang Gading sebenarnya, maka kita mengetahui mana Enggang Gading sebagai Maskot Kalbar dan mana Enggang Badak yang bukan Maskot Kalbar.

Perhatikan dan bandingkan bagian balung serta ekor Enggang Badak dengan Enggang Gading. Sudah tau bukan mana yang gambar yang dimaksud oleh Maskot Kalbar. Memang sebagian masyarakat tidak mengetahui perbedaan ini secara pasti. Kebanyakan mereka main pukul rata menganggap Enggang Badak dan Enggang Gading adalah sama. Padahal Enggang Gading dan Enggang Badak itu berbeda walau masih saudara.

Tulisan ini tidak bermaksud menyalahkan siapapun, namun hanya memberikan informasi yang benar mengenai Enggang Gading sebagai Maskot Kalbar. Artikel selanjutnya in sya Allah saya akan tulis siapa perancang gambar burung Enggang Gading sebagai Maskot Kalbar. Semoga bermanfaat dan salam budaya.

sumber foto : wikipedia | Baka Neko Baka
Mau beli alat musik Dayak Kalimantan Barat?
hubungi admin di +62 898 8566 886 - +62 811 5686 886
Mau Lihat alat musiknya? klik link berikut
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK atau LIHAT ALAT MUSIK MELAYU

You Might Also Like:

Disqus Comments

GET UPDATES