Skip to main content

Musik Tradisi dan Orang Dayak

Musik Tradisi dalam Pandangan Orang Dayak

Musik Tradisi bagi orang Dayak merupakan bagian penting dalam kehidupan. Musik tradisi dianggap tmengandung nilai-nilai religius sesuai adat dan kepercayaan yang dianut masyarakat Dayak. Arti penting musik Dayak bukan hanya terbatas pada pemenuhan kepuasan estetis (hiburan) dan penggambaran budaya. Musik tradisi dipercaya mempunyai fungsi, simbol, dan nilai budaya sesuai intelektualitas masyarakat pemiliknya. Hal ini karena musik mencakup pengertian proses pengintegrasian unsur-unsur tradisional (Umar Kayam, 1981: 58). Artinya unsur-unsur tradisi dalam kehidupan masyarakat Dayak digambarkan dalam musik yang mereka miliki. Selain itu mengandung simbol tertentu sebagai refleksi kehidupan yang mereka jalani. Ia merupakan pengungkapan nilai estetis dan ekspresi emosional sesuai dengan lingkup budayanya.

Musik sebagai Landasan Budaya

Musik tradisi bagi orang Dayak merupakan salah satu unsur budaya yang lahir dari proses intelektualitas. Musik itu dimaknai bersama oleh masyarakat pemiliknya. Ia merupakan produk budaya yang lahir dari kebersamaan sosial yang bersifat kolektif. Ia juga merupakan wadah kreativitas masyarakat dengan berpatokan pada pemaknaan bersama. Hal ini karena musik Dayak merupakan hasil dari proses sosial dan bukan proses perorangan. Artinya walau musik tersebut diciptakan oleh satu orang, namun dalam perkembangannya ia mengalami perubahan akibat tingkah laku masyarakat secara kolektif. Akhirnya musik Dayak akan mengalami pemaknaan kolektif sesuai dengan sifat masyarakat pendukungnya.

Musik dalam Konteks Aktifitas Budaya

Kedekatan orang Dayak dan musik tradisi dipandang sebagai interpretasi perasaan dan keyakinan. Selain itu sebagai wadah apresiatif yang berhubungan dengan kehidupan. Ia merupakan pengungkapan simbol, nilai, dan fungsi, sehingga ketiga unsur tersebut dapat menunjang keberadaan musik dan memberikan makna khusus bagi kehidupan masyarakat. Musik Dayak dipandang erat kaitannya dengan konteks aktivitas budaya yang dilaksanakan (Krismus Purba, 2002: 201). Ia merupakan realisasi sebuah konsep perilaku dan pemikiran masyarakat sesuai dengan adat dan tradisi yang berlaku. Sehingga segala yang terkandung di dalamnya merupakan transpormasi nilai kehidupan masyarakat pemiliknya.
Mau beli alat musik tradisional Kalimantan?
hubungi: 0898 8566 886 - 0811 5686 886.
Mau Lihat alat musiknya? klik link berikut
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK atau LIHAT ALAT MUSIK MELAYU
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar