Blog Mbah Dinan

Musik Dayak Identitas Budaya Lokal II

Fungsi musik Dayak tidak terlepas dari peran masyarakat pendukungnya. Perkembangannya sejalan dengan perkembangan intelektualitas dan kreativitas masyarakatnya. Segala sesuatu yang berhubungan dengan konsep kepercayaan maupun adat yang berlaku dituangkan ke dalam musik dayak, sehingga musik tersebut mampu menjadi penyelaras kehidupan sosial yang bersifat normatif. Disamping itu musik Dayak juga diperlukan untuk penghayatan nilai-niali estetis dan pembelajaran falsafah kehidupan.

Kedekatan musik dayak dengan masyarakat dapat dikatakan musik mempengaruhi seseorang untuk menginterpretasikan sesuatu yang dirasakan dan diyakini. Musik dianggap sebagai wadah apresiatif yang berhubungan dengan kehidupan. Ia merupakan pengungkapan simbol dan nilai dalam bingkai estetik, sehingga unsur-unsur pembentuknya (teks dan konteks) dianggap dapat menunjang keberadaan musik dan memberikan makna khusus bagi kehidupan masyarakat. Dari sini dapat dilihat bahwa kesenian dipandang erat kaitannya dengan konteks aktivitas budaya yang dilaksanakan (Krismus Purba, 2002: hal. 201).

Musik Dayak merupakan realisasi sebuah konsep perilaku dan pemikiran masyarakat sesuai dengan adat dan tradisi yang berlaku, sehingga segala yang terkandung di dalamnya  merupakan transpormasi nilai kehidupan masyarakat pemiliknya. Begitu juga dengan keberadaan musik Musik Dayak pada umumnya di Kalimantan Barat. Ia dianggap sebagai transformasi kehidupan masyarakat peniliknya, sehingga musik tersebut dianggap gambaran dari budaya masyarakat Dayak itu sendiri.

Makna eksistensi musik Dayak mengarahkan pemahaman masyarakat bahwa musik tersebut mengandung nilai falsafah dan makna simbolis dari kehidupan masyarakatnya. Hal ini karena musik Dayak mengandung nilai-nilai luhur sebagai perwujudan realitas kehidupan dan budaya. Segala ciri khas kehidupan masyarakat tergambar di dalamnya, selanjutnya musik itu mewakili alam pikiran masyarakat mengenai konsep-konsep religi, adat, dan tingkah laku untuk dihayati dan dipelajari sebagai pedoman kehidupan mereka. Ia merupakan pengejawantahan nilai adat dan tradisi, oleh karena itu ia dapat dikatakan sebagai identitas budaya lokal, baik itu dalam konsep musik Dayak dan berlaku juga untuk seluruh budaya musik dimanapun musik itu hidup dan berkembang.




Mau beli alat musik Dayak Kalimantan Barat?
hubungi admin di +62 898 8566 886
Comment Policy : Silahkan tulis komentar Anda sesuai topik artikel ini. Komentar berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih

Buka Komentar Tutup Komentar

Disqus Comments