ADMIN

MBAHDINAN.COM

Mbah Dinan : Komposer musik Dayak dan peneliti independen budaya musik etnis Kalimantan Barat.
Email:
mbahdinan86@gmail.com
Kontak:
0898 8566 886
0811 5686 886
Blog Seni Budaya Kalbar

Informasi seni budaya bumi enggang khatulistiwa

Penjualan Alat Musik Dayak

Penjualan satu set Alat Musik Dayak Kalimantan Barat

Penjualan Alat Musik Melayu

Penjualan satu set Alat Musik Melayu Kalimantan Barat

Fungsi Musik Tradisi

Persepsi Fungsi Musik dalam Masyarakat

Berbicara mengenai fungsi musik dalam masyarakat, maka kita akan berbicara mengenai kedudukan dan manfaat musik itu untuk masyarakat pemiliknya. Hal ini karena masyarakat menganggap musik tersebut sebagai bagian dari kehidupan dan menganggap kedudukannya penting dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu, melihat fungsi musik tradisi, (termasuk musik Dayak) tidak dapat hanya melihatnya sebagai pemuas kebutuhan estetis (hiburan) semata, melainkan harus dilihat juga cara pandang masyarakat terhadap musik itu sendiri. Artinya kita harus melihat kehidupan masyarakat pemiliknya untuk menafsirkan fungsinya. Inilah yang dinamakan keberadaan musik dalam kehidupan sosial (masyarakat).



Fungsi musik tradisi pada dasarnya adalah sistem saling berkaitan antara unsur-unsur pembentuknya. Istilah sistem (systema, dalam bahasa Yunani) bisa berarti entitas atau alat analisis. Suatu sistem merupakan entitas yang tersusun dari berbagai unsur, unit, komponen secara integral atau teratur untuk menjaga keseimbangan sistem itu sendiri. Sistem juga merupakan keseluruhan perangkat yang tersusun dari sekian banyak bagian dan berfungsi secara timbal balik. Ia saling memberi dan menerima guna memelihara dan mendukung suatu keseimbangan. Relasi yang terjadi diantara komponen dalam sistem umumnya bersifat teratur dan berkesinambungan” (Lahajir, 2001: 50).

Peran Musik Tradisi

Suatu budaya musik mencakup gagasan-gagasan, tindakan, karena musik tradisi adalah suatu gejala manusia, untuk manusia dan mempunyai fungsi sosial dalam situasi social (I Komang Sudirga, 2005: 20). Hal ini karena berbagai unsur musikal dalam sistem bersifat fungsional. Selanjutnya sistem fungsi musik tradisi dalam masyarakat harus dilihat bahwa musik itu berperan dan dapat memberi, sehingga ia dapat bertahan dalam kehidupan masyarakat. Begitu juga dengan keberadaan musik dalam Masyarakat, mereka memerlukan musik untuk kepentingannya, baik kepentingan pribadi maupun kepentingan sosial. Hal ini karena pandangan yang tumbuh dalam masyarakat menyatakan bahwa musik mempunyai hubungan dengan kehidupannya, memiliki fungsi, simbol, dan nilai yang berhubungan dengan kepercayaan, adat istiadat, sekaligus sebagai ciri budaya lokal. Hubungan sosial masyarakat mempunyai kesatuan yang dinamakan kesatuan fungsional (A.R Redcliffe Brown, 1980: 210).

Hubungan antara fungsi saling terkait dan mendukung antara satu dengan lainnya. Begitu pula dengan musik tradisi dan upacara, ia merupakan sesuatu yang mempunyai fungsi bagi masyarakat dan berperan sebagai tonggak keberlangsungan budaya sebagai efek dari kebudayaan adat atau pranata solidaritas sosial (I Komang Sudirga, op.cit.: 128). Kenyataan fungsionalitas ini akhirnya memposisikan musik sebagai hasil dari aktivitas artistik dan dijadikan sebagai literatur estetik bagi masyarakat itu sendiri. Akhirnya musik tradisi yang tumbuh dalam masyarakat dapat dilihat menjadi dua bagian, yaitu fungsi internal dan fungsi eksternal.


Mau beli alat musik Dayak Kalimantan Barat?
hubungi admin di +62 898 8566 886 - +62 811 5686 886
Mau Lihat alat musiknya? klik link berikut
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK atau LIHAT ALAT MUSIK MELAYU

You Might Also Like:

Disqus Comments

GET UPDATES